OLX Autos Berbagi Tips Berkendara Aman Selama Mudik Lebaran

tips mudik lebaran Cars & Coffee Powered by OLX Autos
Cars & Coffee Powered by OLX Autos. Foto : Autonesian/Dok. OLX Autos

Autonesian.com – Setelah dua kali lebaran sebelumnya tertahan oleh Pandemi Covid-19, akhirnya tahun ini masyarakat Indonesia kembali bisa melakukan tradisi mudik untuk berkumpul kembali bersama dengan keluarga besar di kampung halamannya.

Terkait dengan kembali diperbolehkannya mudik, dikutip dari Detik.com, Polda Metro Jaya memprediksi bahwa mudik Lebaran 2022 ini akan mengalami kenaikan antara 10 hingga 15 persen jika dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun 2019 silam, di mana tahun 2019 merupakan kali terakhir pemerintah mengizinkan masyarakat untuk bermudik.

Sementara itu, Survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan juga memprediksi bahwa sebanyak 85,5 juta orang berkeinginan untuk melakukan mudik lebaran tahun ini. Hasil survei juga mengatakan moda transportasi yang paling banyak digunakan adalah transportasi darat.

Melihat fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa akan ada banyak kendaraan bermotor yang digunakan untuk bermudik. Nah, setelah 2 tahun tidak bermudik, Anda masih ingatkah apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan baik pada kendaraan dan pengemudi sebelum bermudik? Jangan sampai kebahagiaan bertemu dengan keluarga dan kerabat dikacaukan karena ketidaksiapan diri serta kendaraan untuk melakukan mudik jarak jauh.

Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) pada acara Cars & Coffee Powered by OLX Autos yang digelar pada 24 April lalu membagikan tips & tricks mudik lebaran yang aman dan nyaman sebagai berikut:

1. Periksa kendaraan Anda di 4 titik ini

Baca Juga :  Arus Balik Mudik, Permintaan Pertamax Kembali Alami Kenaikan

Pastikan Anda sudah memeriksa 4 titik utama pada kendaraan Anda secara detail. Pertama adalah bagian lampu. Pastikan kondisi lampu Anda menyala dan tidak dimodifikasi, karena ini mempengaruhi penerangan pada jalan. Selain fungsi utamanya sebagai alat penerangan di jalan. Lampu juga memiliki fungsi sebagai alat berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Oleh karena itu memastikan kondisi lampu masih dalam kondisi yang baik merupakan hal yang penting.

Kedua, pastikan ban mobil itu masih aman digunakan. Ketebalan minimal pada ban adalah 6mm, segera ganti ban Anda jika ketebalan sudah dibawah 6mm. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi ban masih prima dan tidak akan terjadi slip pada saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, pastikan tekanan angin ban sudah sesuai dengan tire placard kendaraan masing-masing.

Ketiga adalah mesin. Pastikan kondisi oli mesin, gantilah oli mesin jika Anda merasa oli mesin sudah perlu diganti. Lalu pastikan kelistrikan mobil secara keseluruhan masih berfungsi dengan baik, serta mengecek air radiator dan air wiper. Terakhir, merupakan cabin di mana Anda perlu memastikan kondisi seat belt semua penumpang aman.

tips mudik lebaran Cars & Coffee Powered by OLX Autos

2. Perhatikan barang-barang yang dimuat pada kendaraan

Bawalah hanya barang-barang yang dibutuhkan dan tergolong penting. Pastikan barang yang ada di dalam kendaraan itu masih di batas normal. Jika perlu membawa lebih banyak, bisa diikat di bagian atas mobil. Pastikan barang yang ditempatkan di atap mobil tidak melebihi ketinggian lebih dari 40 cm dan memiliki berat maksimal sebesar 50 kg. Untuk memaksimalkan keseimbangan kendaraan, posisikan barang di bagian atap mobil untuk ditempatkan secara rata diantara roda depan dan belakang.

Baca Juga :  Hadapi 2019, Mitsubishi Berambisi Jadi Nomor 1 di Tanah Air

3. Beristirahatlah setiap 3 jam sekali

Gunakan rest area untuk pengemudi dapat merenggangkan kaki, tangan, dan kembalikan fokus setelah lama mengemudi.

4. Terapkan 5 langkah defensive driving

Pengemudi perlu menjaga kecepatan, menjaga jarak antar kendaraan, kontak mata dengan beberapa bagian mobil seperti spion kanan, kiri dan tengah untuk memeriksa keadaan di luar kendaraan, memperhatikan dan berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya serta selalu perhatikan kondisi jalan sehingga dapat membaca lalu lintas dan memilih jalur yang paling aman.

Selain berdiskusi tentang tips aman berkendara saat mudik lebaran, dalam momen Cars and Coffee Powered by OLX Autos ini juga dilakukan sejumlah aktivitas lain yang bertujuan untuk semakin mendekatkan OLX Autos dengan komunitas. Kemudian, Komunitas juga diajak untuk melihat proses inspeksi mobil bekas yang dilakukan oleh inspector OLX Autos.

Adapun, inisiasi Cars and Coffee Powered by OLX Autos ini juga merupakan wujud komitmen OLX Autos untuk menjadi platform layanan jual beli mobil bekas yang terpercaya dengan terus memahami kebutuhan para pelanggan serta berupaya untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pasar industri.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
bale santai honda mudik 2022

Mudik 2022 : Honda Motor Hadirkan Bale Santai Hingga AHASS Siaga dan Jaga

Next Article
Honda e: NS1 Mobil Listrik

Honda e: NS1 dan e: NP1, Mobil Listrik Resmi Diluncurkan

Related Posts