Truk Listrik, Mercedes-Benz eActros Resmi Meluncur

0
Mercedes-Benz eActros truk listrik
Mercedes-Benz eActros. Foto : Ist

Autonesian.com – Mercedes-Benz Trucks kembali memberikan kejutan dengan meluncurkan produk terbaru yang sejalan dengan perkembangan teknologi kendaraan masa depan.

Adapun produk tersebut yakni Mercedes-Benz eActros yang merupakan kendaraan berbasis baterai-listrik untuk angkutan barang heavy-duty dan diluncurkan secara world premier untuk pertama kali.

“Kita harus mengakui bahwa transportasi adalah bagian dari masalah dalam hal perubahan iklim. Pada saat yang sama, kita bisa dan kita akan menjadi bagian dari solusi,” kata Karin Radstrom, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG dan bertanggung jawab atas Truk Mercedes-Benz.

Secara teknologi, Mercedes-Benz eActros dibekali unit penggerak dengan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Pasalnya kedua motor ini memberikan kenyamana berkendara dan pastinya bebas emisi.

Autonesian Youtube Channel

Bergantung pada versinya, eActros mendapatkan dayanya dari tiga atau empat paket baterai dan masing-masing berkapasitas sekitar 105 kWh. Berkat kapasitas maksimum 420 kWh2, jangkauan hingga 400 kilometer1 menjadi realistis.

Mercedes-Benz eActros truk listrik

Selain itu truk listrik ini juga dapat diisi hingga 160 kW dengan terhubung ke stasiun pengisian yang berdaya 400A DC. Dalam pengisian baterai tersebut, secara kertas membutuhkan waktu 1 jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen.

“Dengan demikian, Mercedes-Benz eActros dilengkapi dengan baik untuk kegiatan sehari-hari dalam transportasi sehubungan dengan ketersediaan dan kinerja,” tambah von Wallfeld.

Untuk fitur keamanan, pihaknya pabrikan asal Jerman ini juga turut membekali truk listrik ini dengan MirrorCam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima dengan deteksi pejalan kaki yang menjadi standar diproduknya.

Namun sayangnya meski baru diluncurkan secara world premier, Mercedes-Benz eActros masih akan diproduksi di pabrik truk terbesar bagi Mercedes-Benz Trucks di Worth am Rhein, Jerman serta pihaknya juga belum menyebutkan harga yang nantinya ditawarkan kepada seluruh konsumen.

Pada tahap awal, model produksi seri eActros akan tersedia di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar selanjutnya akan menyusul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here