Uji Singkat Keunggulan Oli X-Ten Double Ester Matic di Motor Skutik 250 CC

0
Planet Ban X-Ten Double Ester Matic Yamaha Xmax
X-Ten Double Ester Matic. Foto : Tri

Autonesian.com – Planet Ban selaku toko retail modern yang mejual ban sepeda motor berbagai merek dan belum lama ini juga melengkapi pelayanannya dengan meluncurkan oli X-Ten Double Ester Matic.

Pada kesempatan kali ini, kami diberikan untuk menjajal produk pelumas terbaru dari Planet Ban yang diperuntukan untuk motor skutik. kami menjajalnya di motor skutik bongsor berkapasitas 250 cc, yakni Yamaha Xmax lansiran 2018.

Sebelum melakukan pengujian atau pergantian oli X-Ten Double Ester Matic, motor skutik kami mendapatkan treatment X Ten Auto Tune Up yang merupakan cairan untuk membersihkan berbagai kotoran hasil mesin motor yang menjadi kerak karbon di dalam saluran bahan bakar dan mesin motor.

Selanjutnya dengan kondisi oli sebelumnya yang sudah tercampur oleh X Ten Auto Tune Up, kemudian motor skutik kami dihidupkan mesin dan langsamkan motor selama 10-15 menit. Setelah itu gas motor perlahan sebanyak 2x tarikan gas, kemudian matikan motor nya dan kuras oli mesin lama, serta ganti dengan oli mesin baru.

Autonesian Youtube Channel

Planet Ban X-Ten Auto Tune Up Yamaha Xmax

Secara singkat setelah oli X-Ten Double Ester Matic telah dimasukan ke ruang mesin Yamaha Xmax, kami pun langsung penasaran untuk mengujinya dan membawa motor skutik kami dengan rute pendek Bekasi – Cikarang – Jakarta Timur.

Saat kesan pertama kali mencoba pelumas keluaran Planet Ban ini kami merasakan adalah tarikan mesin berat, selain itu juga mengingat skutik bongsor ini juga memiliki bobot yang terbilang cukup berat.

Namun setelah kami melakukan perjalanan beberapa kilometer, ada hal perubahan yang dirasakan pada tarikan mesin. Dimana kami merasakan tarikan yang lebih ringan dibanding sebelumnya dan juga pada putaran mesin atas.

Disisi lain, kami juga turut merasakan ruang mesin yang tidak panas dibandingkan pada saat kami menggunakan oli sebelumnya. Mengingat dengan bobot motor Yamaha XMax dengan beban tambahan perlengkapan kami, motor ini pasti bekerja keras untuk melontarkan tenaga.

Planet Ban X-Ten Double Ester Matic dan X-ten Auto Tune Up Yamaha Xmax

Secara singkat dalam pengujian oli mesin X-Ten Double Ester Matic yang memiliki tingkat viskositas 10W-40 dan tersedia dalam kemasan 900 ml ini buat kami anggap sangat cocok digunakan untuk skutik bongsor. Meski kami masih penasaran untuk mencoba dengan jarak tempuh yang jauh.

Dalam pengujian X-Ten Double Ester Matic di motor Yamaha Xmax, kami juga turut melontarkan hasil secara langsung kepada Bagus Ardian, Merchandising Big Engine Motorcyle Manager pada saat ngobrol santai secara virtual 27 April 2021, kemarin.

Baca Juga :  Yamaha Gelar Yamamori Bersama Keluarga Maxi

Bagus juga ikut menanggapi hasil dari ujian kami dan sekaligus menantangi kami kembali untuk melakukan pemeriksaan apakah terjadi penguapan oli pada mesin setelah digunakan sesuai standar kilometer yang ditempuh dari X-Ten Double Ester Matic.

“Nanti kalau mau silakan liat pengguapannya untuk melihat penyusutan dari oli X-Ten Double Ester Matic setelah menggunakan sekian ribu, rasionalnya 15% dari awal penggunaan sesuai standar SNI. Jadi bisa cek apa oli ini punya isu penguapan atau tidak, karena hasil uji kami 7% jadi masih masuk dari rasio SNI yang 15%,” ungkap Bagus.

Di kesempatan yang sama, Wisnu Satrya, Divisi Product Development Planet Ban menambahkan oli ini memiliki fungsi utama dari Ester, dimana tahan terhadap panas berlebih dan juga punya lapisan pelindungan dari kehausan

“Jadi tidak harus dengan jarak tempuh panjang, dimana saat oli masuk esternya sudah berfungsi serta punya 2 spesifikasi dengan keunggulan masing-masing serta lebih kuat sehingga bisa lebih lama,” tegas Wisnu.

Selain itu, soal spesifikasi lengkapnya oli mesin keluaran Planet Ban ini juga memiliki keunggulan lain yang ditawarkan. Salah satunya ketahanan dua kali lebih lama dari pelumas full synthetic, meningkatkan tenaga dan akselerasi menjadi lebih spontan. Serta mengurangi panas mesin dan juga mengurangi vibrasi di dalam mesin.

Sekedar informasi tambahan untuk soal harga, X-Ten Double Ester Matic resmi dijual dengan harga Rp. 83.000 untuk kemasan 800 ml dan kemasan 900 ml seharga Rp. 89.000. Dan bisa didapatkan di seluruh jaringan outlet Planet Ban yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here