Cara Sukses Epson Selama 20 Tahun di Indonesia

0
epson indonesia robotic
Epson Robotic Innovation. Foto : Ist

Autonesian.com – Salah satu produsen teknologi asal Jepang, Epson telah sukses kiprahnya di Indonesia selama 20 tahun atau sejak 1 oktober tahun 2000 dengan memulai bisnisnya menghadirkan printer berbasis Inkjet.

Namun, nama besar Epson di Indonesia ternyata lebih dulu dikenal bukan dari printer berbasis Inkjet tersebut, melainkan melalui Printer Dot Matrix atau printer dengan menggunakan ribbon/pita untuk melakukan pencetakan. Printer ini lebih dulu masuk ke Indonesia melalui distributor.

Bukan keputusan sulit menentukan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan bisnis, bagi Epson Indonesia untuk selalu menghadirkan deretan produk unggulan yang sesuai kebutuhan para konsumen setianya. Indonesia adalah negara besar, baik secara geografis dan juga jumlah penduduk.

“Sebagai salah satu negara berkembang, maka Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar terutama untuk produk IT atau perlengkapan kantor yang sesuai dengan line-up dari Epson,” ujar Riswin Li selaku Head of Marketing Epson Indonesia.

Autonesian Youtube Channel

Selama 20 tahun berkiprah di indonesia, pihaknya juga telah melewatinya dengan raihan penghargaan dan juga produk yang dipasarkan dapat diterima oleh masyarakat dan berbagai industri  di Tanah Air. Hal ini juga membuatnya menjadi pemimpin pasar saat ini di berbagai kategori, seperti printer, projector dan robotika.

Dijelaskan Riswin, pihaknya memiliki strategi ciamik sehingga inovasi produk yang dikembangkan setiap tahunnya bisa diterima pasar dengan baik,”Strategi Epson adalah memenuhi kebutuhan pasar, kami mencoba mengerti apa kebutuhan pasar sesungguhnya di masing-masing segmen.”

Baca Juga :  ENVY Siap Kembangkan Pasar Teknologi di Indonesia

epson indonesia direksi

“Dari situ kami berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen. Didukung oleh tim Research & development (R&D) yang kuat, Epson dapat mengembangakan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Riswin.

Pasalnya salah satu kunci keberhasilan Epson adalah mengerti kebutuhan konsumen dan mencoba memenuhinya serta memberikan tambahan keuntungan dari fungsi produk tersebut.

Secara garis besar, Epson Global membagi Product Line-up menjadi 4 kategori. Pertama Inkjet Innovation (Printer), kedua Robotic Innovation, ketiga Visual Innovation (Projector), terakhir Wearable Innovation (Jam tangan, Kaca Mata Pintar). Secara bertahap, berbagai produk itu dibawa ke Indonesia.

Untuk saat ini, Epson Indonesia masih fokus pada kategori dengan basis produk seperti Printer Inkjet dan Compact priter dengan InkTank Printer, Business Printer, Label Printer dan POS Printer.

Kemudian adalah Commercial and Industry (C&I) Printer/ Printer Large Format melalui Photographic, Corporate Signage atau papan iklan, Label dan Textile Printing. Selanjutnya pada Visual Product/Projector melalui Business Projector, Interactive Projector, Home Projector. Dan Robotic dengan Industrial Robot solution.

Selain itu, Epson di Indonesia tak hanya berfokus pada bisnis saja, tapi juga ingin berkontribusi bagi negeri. Terkait hal ini, pihaknya punya tiga bidang utama kegiatan CSR yang dilakukan, yakni pendidikan, lingkungan dan masyarakat (terutama yang kurang mampu).

SHARE
Tertarik tentang otomotif sejak bergabung bersama komunitas otomotif dan belajar menulis sejak masuk bangku SMA . Email : tri@autonesian.com / trie0856@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here