Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Hingga Akhir Tahun

Stok BBM Pertamina Pertamax Series
Operator SPBU Pertamina yang sedang melayani konsumen. Foto : Ist

Autonesian.com – Menjelang pergantian tahun baru 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY akan menambah stok BBM jenis gasoline hingga 15% dari rataan harian normal sebesar 13.038 Kiloliter menjadi 14.969 Kiloliter.

Sedangkan untuk wilayah DI Yogyakarta itu sendiri diperkirakan persentase kenaikan BBM yaitu 14% dari 1.954 Kiloliter menjadi 2.234 Kiloliter. Untuk stok LPG di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta secara total juga akan ditambah sebanyak 7,9% dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton (MT) menjadi 4.174 Metric Ton.

Sementara untuk ketersedian LPG khususnya di wilayah DI Yogyakarta, untuk PSO akan ditambah sebanyak 6% dari rataan normal yaitu 356 MT menjadi 378 MT dan LPG Non PSO ditambah sebanyak 34,6% dari 66 MT menjadi 89 MT.

Hal ini diungkapkan oleh Sales Area Manager wilayah DI Yogyakarta, Pande Made Andi Suryawan, melalui keterangan resminya. “Pertamina membentuk satuan tugas (satgas) yang akan dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 untuk mengoptimalkan penyaluran BBM di DI Yogyakarta”, ujar Pande.

Baca Juga :  Rolls Royce Umumkan Koleksi "Dawn – Inspired by Fashion”

Dirinya menambahkan, prediksi kenaikan konsumsi tertinggi produk BBM jenis gasoline akan terjadi pada produk Pertamax dan Pertamax Turbo dengan masing-masing presentase peningkatan sebesar 18% dan 20%.

“Pertamax diprediksi akan naik dari rataan normal sebesar 264 KL menjadi 311 KL dan Pertamax Turbo dari 6 KL menjadi 7 KL. Sedangkan untuk produk BBM jenis gasoil diperkirakan juga akan naik sebanyak 3% yaitu dari rataan harian normal 440 KL menjadi 456 KL saat satgas,” jelas Pande.

Selain itu pihaknya juga menjelaskan berbeda dengan di Jawa Tengah, kenaikan BBM jenis gasoil (dex series) di Yogyakarta diperkirakan terjadi karena banyaknya kendaraan pribadi bermesin diesel yang akan bergerak atau masuk ke wilayah DI Yogyakarta.

Untuk kesiapan SATGAS Pertamina MOR IV di tahun ini mendapat tantangan baru karena di Tahun ini, arus wisatawan yang akan datang ke wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menggunakan jalur darat diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Honda Urban EV Hingga Civic Type R Sabet Car of The Year 2019

“Semenjak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Petamina MOR IV di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi secara cepat. Selain menambah stok, kami juga mengoptimalkan pelayanan BBM dan LPG di seluruh wilayah operasional”, tambah Pande.

Sementara untuk memperkuat layanan penyaluran BBM & LPG di masa libur akhir tahun ini, Pertamina telah mengkondisikan lembaga penyalur baik SPBU dan pangkalan LPG untuk melayani masyarakat dengan total 113 SPBU yang berada di wilayah DI Yogyakarta serta 377 Pangkalan LPG siaga hingga 69 agen LPG (PSO dan nonPSO) siaga yang siap melayani kebutuhan para konsumen selama hari natal 2019 dan tahun baru 2020.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Honda PCX Ekspor ke Brazil

Honda PCX Buatan Lokal Mulai Jajaki Pasar Brazil

Next Article
Yamaha MX-King 150 Orange Indonesia

Yamaha MX King 150 Kini Berbalut Warna Baru

Related Posts