Mitsubishi Fuso Kembali Berikan Edukasi Kepada SMK

0
Mitsubishi Fuso Krama Yudha Tiga Berlian Motors Belajar dan menginspirasi
Mitsubishi Fuso Belajar dan Menginspirasi sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Pembangunan Pendidikan SMK. Foto : Ist

Autonesian.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) authorized distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia kembali mengadakan sebuah program khusus dan juga sebagai salah satu wujud pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di sektor pendidikan.

Adapun program tersebut disebut “Fuso Belajar dan Menginspirasi”, dimana program ini merupakan yang kedua kalinya dijalankan oleh KTB sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK, khususnya SMK-SMK mitra KTB di Indonesia.

Fuso Belajar dan Menginspirasi merupakan bagian dari Fuso Vocational Education Program, dimana KTB berupaya untuk memberikan kontribusi bagi SMK-SMK mitra dalam hal peningkatan pengetahuan dan keahlian siswa.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam Fuso Vocational Education Program diantaranya yaitu donasi Colt Diesel untuk masing-masing SMK sebagai fasilitas belajar, pelatihan otomotif untuk guru dan siswa, serta Fuso Belajar dan Menginspirasi (FBM).

Autonesian Youtube Channel

“Fuso Belajar dan Menginspirasi” dilaksanakan di masing-masing sekolah, dengan total 14 SMK. Pada pelaksanaannya, kegiatan ini akan dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2019 untuk 8 SMK dan tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2020 untuk 6 SMK.

Pada tanggal 6 Desember 2019 ini kegiatan FBM dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari – Malang, Jawa Timur. Sebelumnya di bulan Oktober 2019 kegiatan FBM dilaksanakan di lima SMK yaitu SMK Negeri 1 Jakarta, SMK Negeri 55 Jakarta, SMK Negeri 2 Pontianak, SMK Ma’arif 1 Kebumen dan SMK Bina Karya Mandiri 2 Bekasi.

Mitsubishi Fuso Krama Yudha Tiga Berlian Motors Belajar dan menginspirasi

Kemudian pada bulan November, rangkaian kegiatan FBM dimulai di SMK Negeri 5 Surakarta dan dilanjutkan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Pelaksanaan kegiatan FBM di SMK Negeri 1 Singosari – Malang kali ini menjadi seri kedelapan sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan FBM tahap pertama yang telah diselenggarakan dalam kurun waktu Oktober – Desember 2019.

Baca Juga :  Rayakan ke-25 Tahun, Ducati Hadirkan Panigale V4 S Special Edition

Dalam kegiatan FBM, KTB melibatkan karyawan untuk menjadi pengajar sukarelawan (volunteer) untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana berkarir di industri otomotif serta berbagi pengetahuan (soft skill) mengenai persiapan memasuki dunia kerja kepada siswa SMK secara interaktif.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan FBM, KTB juga bekerjasama dengan beberapa jaringan Dealer resmi serta menggandeng pula Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) di Mojokerto, Kebumen, Banjarbaru, dan Bandung.

Dalam kerjasama tersebut untuk memfasilitasi pelatihan otomotif F-STEP 1 (Fuso Service Technician Education Program 1) untuk 24 guru dari 14 SMK mitra yang diadakan mulai tanggal 30 September-11 Oktober 2019.

Selanjutnya juga memberikan pelatihan Basic Automobile kepada 90 siswa dari 3 SMK mitra baru KTB di kota Mojokerto, Kebumen dan Pontianak selama periode Oktober-November 2019; serta Seminar Otomotif (mengenai Mitsubishi Fuso product knowledge dan Working Life at Mitsubishi Fuso Dealer) di 5 SMK mulai dari bulan Oktober hingga Desember 2019.

Selain kegiatan pelatihan, seminar otomotif, serta FBM untuk siswa, di tahun ini KTB juga memberikan donasi alat praktik berupa Diesel Engine Compression Tester dan Ratchet & Extension Bar, untuk 14 SMK tersebut. Donasi alat praktik ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengasah kemampuan siswa saat kegiatan praktik di masing-masing sekolah.

Head of Public Relations & Corporate Social Responsibility Department PT KTB, Dony Hermawan menjelaskan bahwa kegiatan “Fuso Belajar dan Menginspirasi” dan donasi alat praktik ini merupakan upaya dan wujud dari komitmen KTB dalam memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan di Indonesia, khususnya untuk siswa-siswi SMK.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, siswa-siswi SMK sebagai generasi penerus bangsa, mendapatkan pengetahuan ilmu praktis dan pengalaman bermanfaat untuk meraih masa depan yang gemilang”, ujar Dony.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here