Starbucks dan Alibaba Hadirkan Layanan Pemesanan Kopi Secara Voice Command

Starbucks Alibaba Tmall Genie 2
Starbucks Tmall Genie 2. Foto : Ist

Autonesian.com – Salah satu produsen kopi ternama, Starbucks bersama Alibaba resmi menghadirkan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital bagi para konsumen setianya yang disebut Tmall Genie.

Tmall Genie sendiri merupakan sebuah cara pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba. Melalui teknologi ini para pelanggan bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit.

Namun sayangnya Tmall Genie yang memanfaatkan platform antar-pesan makanan milik Alibaba ini hanya dirasakan bagi masyarakat Tiongkok dan Ele.me, kemampuan perintah suara untuk pemesanan kopi semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital Starbucks.

Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerja sama strategis kedua perusahaan besar untuk meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di Tiongkok. Tiongkok hingga saat ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia.

Pengumuman ini juga menambah berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yang memungkinkan Starbucks Experience terbaik bisa dirasakan konsumen Tiongkok, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangun Star Kitchen – dapur di dalam semua gerai supermarket Freshippo di Tiongkok, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality racangan Alibaba di gerai Starbucks roastery di Shanghai.

Baca Juga :  Michelin Umumkan 6 Finalis Program #Michelin4Indonesia

“Kami sangat senang bisa menghadirkan teknologi canggih Artificial Intelligence kami melalui Tmall Genie, untuk melayani para konsumen Starbucks di Tiongkok yang sudah sangat familiar dalam menggunakan teknologi dan digital,” ujar Miffy Chen, General Manager di Alibaba A.I. Labs yang memimpin pengembangan Tmall Genie.

Dia juga menambahkan,”Di awal tahun ini, kami meluncurkan layanan pemesanan dan pengantaran pesanan melalui Ele.me untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Kini, kami sangat senang bisa memperkenalkan pengalaman yang semakin lengkap di platform kami melalui perintah suara pemesanan Starbucks dan memberikan manfaat langsung bagi pelanggan di Tiongkok di tengah rutinitas sehari-hari mereka.”

Pada kesempatan yang sama Molly Liu, Vice President dan General Manager, Digital Ventures, Starbucks Tiongkok mengatakan,”Fitur di Tmall Genie mengantarkan Starbucks ke era baru interaksi konsumen secara digital, memanfaatkan teknologi canggih terkini untuk menciptakan pengalaman yang tidak tertandingi dan semakin mendekatkan hubungan kami kepada para pelanggan.”

“Kami selalu berusaha untuk memastikan voice command pemesanan kopi ini semakin personal. Kami juga terus menambah kenyamanan pelanggan dengan memberikan kanal baru untuk berinteraksi dengan Starbucks, melalui sebuah platfom terintegrasi yang mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya Molly Liu.

Baca Juga :  Mobilgrease EP 2, Pelumas Gemuk Serba Guna Resmi Dirilis

Melalui Tmall Genie, para pelanggan bisa menggunakan perintah suara untuk melacak status pemesanan mereka dalam waktu 30 menit. Cukup katakan: “Tmall Genie bagaimana status pemesanan Starbucks saya?”

Menariknya para member Starbucks® Rewards saat ini juga  bisa mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui kemampuan yang ditawarkan oleh Tmall Genie.

Ke depannya, pihaknya juga mengakui saat konsumen menggunakan perintah suara untuk memesan, para member tersebut juga bisa menerima rekomendasi yang disesuaikan sesuai preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus.

Keunggulan lainnya, penggemar kopi di Tiongkok juga dimanjakan dengan bisa mendengarkan playlist yang biasa dimainkan di gerai-gerai kopi ternama ini, melalui aplikasi streaming musik Alibaba: Xiami Music.

Tmall Genie yang bertemakan Starbucks secara eksklusif ini telah tersedia di toko virtual Starbucks di Tiongkok, yang menyatukan semua penawaran dalam aplikasi mobile milik Alibaba, termasuk Taobao, Alipay dan Tmall.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Mandiri Indonesia Senayan Festival (I SEE FEST) 2019

Selama 10 Hari 'I SEE FEST 2019' Akan Digelar Di GBK

Next Article
Asuransi Astra Garda Mall

Layanan Garda Mall Kini Hadir di Aplikasi Otocare 5.0

Related Posts