Scania NXT Concept, Bis Masa Depan yang Penuh Teknologi

0
Scania NXT Concept
Scania NXT Concept. Foto : dok. Scania AB
autonesian.com – Produsen truk dan bis asal Swedia, Scania AB secara resmi memperkenalkan bis masa depan yang disebut Scania NXT Concept pada UITP Global Public Transport Summit di Stockholm.

Bis Scania NXT Concept hadir sebagai kendaraan komersial otonom yang dipersenjatai dengan daya listrik dan desain modular. Dan kehadiranya juga diharapkan untuk bisa dimanfaatkan sebagai transportasi di perkotaan.

“NXT adalah visi masa depan untuk transportasi di kota-kota. Beberapa dari teknologi ini belum sepenuhnya matang tetapi bagi kami penting untuk benar-benar membangun kendaraan konsep untuk secara visual dan teknis menunjukkan ide-ide tentang apa yang dapat dijangkau, ”kata Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson.

Scania NXT Concept sendiri hampir mirip dengan konsep Mercedes Urbanetic atau Rinspeed Snap ini juga diklaim dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya sambil menggabungkan beberapa fitur canggih yang sudah tersedia.

Selain itu, bis masa depan asal Swedia yang dipajang selama UITP Global Public Transport Summit di Stockholm, 10-12 Juni ini juga telah ditanamkan berbagai modul drive depan dan belakang dapat dipasang ke badan bus, badan truk distribusi atau truk pengangkut sampah.

Henriksson menambahkan,“Kami di Scania tidak dapat menggambar ulang seluruh sistem transportasi untuk kota. Apa yang bisa kita lakukan adalah menginspirasi perubahan dan itulah ide di balik NXT – untuk memikirkan transportasi dan kendaraan dengan cara yang berbeda dan berkelanjutan.”

Baca Juga :  United Tractors Unjuk Gigi di Pasar Kendaraan Komersial

Bus masa depan yang memiliki panjang delapan meter tersebut juga dibangung sebagai satu unit komposit, dimana secara substansial mengurangi bobot. Dan tenaga baterai sel silinder  yang diperkirakan mampu menjelajah mencapai 245 kilometer ditempatkan di bawah lantai, hal ini juga diharapkan mampu berkontribusi pada distribusi bobot yang lebih baik.

“Ini adalah sesuatu yang baru, sesuatu yang sangat berbeda. Namun desain yang fleksibel dan unit-unit yang termodulasi terletak pada inti Scania,” kata Robert Sjödin, Manajer Proyek NXT.

Kehadiran Scania NXT, bagi Sjodin merupakan lompatan raksasa ke masa depan. Dimana kendaraan komersial tersebut akan memberikan data nyata yang tak ternilai dalam pengembangan teknologi berkelanjutan pada kendaraan otonom bertenaga listrik.

Sementara di Daimler sendiri tidak menambahkan banyak perubahan ke van modular yang telah diperkenalkan di IAA beberapa tahun lalu, namun Rinspeed ingin kembali mendorong konsep yang lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here