Uji Ketangguhan Corsa Platinum M5, Begini Rasanya!

0
ban corsa platinum m5
Tim Autonesian.com bersama Journalist Max Community ketika melakukan pengetesan ban Corsa M5 dengan rute Jakarta-Bogor- Jakarta. Foto : Ist
autonesian.com – Sejak diluncurkan pertama kali pada oktober tahun lalu, akhirnya kami berkesempatan merasakan secara langsung ketangguhan dari Corsa Platinum M5 yang merupakan produk dari PT Multistrada Arah Sarana (MAS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) ban motor tersebut.

Dalam pengujian tersebut tim autonesian.com melewati perjalanan singkat di sesi touring bersama teman-teman komunitas motor yang tergabung dalam Journalist Max Community (JMC) dengan rute pengujian dengan menempuh jarak Jakarta – Bogor – Jakarta yang cukup terbilang mewaliki kondisi jalan dalam sehari-sehari.

Tidak perlu panjang lebar, kali ini kami menggunakan ban Corsa M5 yang berdimensi 120/70-13 dan 150/70-13 yang memiliki tampilan telapak ban yang sporty serta alur yang agresif sehingga memaksimalkan performa dan kenyamanan dalam berkendara.

Hal tersebut juga kami rasakan ketika melewati perjalanan yang cukup rusak, ditambah segi keamanan lebih yang dihadirkan arah pattern ban depan dibuat terbalik dengan putaran roda atau disebut konsep reverse (depan dan belakang berlawanan).

ban corsa platinum m5

Dalam konsep patern terbalik tersebut memberikan fungsi berbeda antara ban depan dengan ban belakang, dimana ban depan untuk mengendalikan motor saat bermanuver, sementara ban belakang dibuat untuk traksi serta untuk menanggung bobot lebih berat.

Selain itu berkat ban dengan compound yang empuk, membuat kami semakin merasakan bantingan motor lebih teredam bila dibandingkan ban bawaan pabrik. Hal ini dirasakan ketika kami menerabas jalan berlubang dan bergelombang.

Namun sayangnya, tim autonesian.com sedikit merasakan ban tersebut kurang menggigit ketika motor kami melintasi jalanan yang tergenang air dengan mengalami gejala sedikit membuang.

Baca Juga :  Produk Lokal, Respiro Resmi Jadi Official Merchandise Federal Oil Gresini Moto2

Meskipun itu terjadi, bagi kami itu masih dibatas normal ditambah ban Corsa Platinum M5 juga memiliki perbedaan lainnya dengan terdapat pada kedalaman groove. Yakni 5 mm untuk ban depan dan 6 mm untuk ban belakang. Maksudnya agar ban tidak mudah selip dan membuat jarak pakai ban lebih lama.

ban corsa platinum m5

Selanjutnya, ban corsa ini juga turut dibekali teknologi Ecosave. Dimana teknologi tersebut menawarkan kompon yang homogen dengan cara memadukan carbon black dan silica untuk menghadirkan ban yang lebih awet (50%) tanpa mengurangi daya cengkeram dan performa ban.

Nah istimewanya, ban yang dikhususkan motor matik ini juga dilengkapi teknologi rim guard. Melalui teknologi ini juga memberikan rasa aman lebih dalam perlindungan velg dari benturan, karena berkat ini ban memiliki tepian ban yang dimensinya melebihi rumah roda.

Sementara kesimpulan kami, Corsa Platinum M5 yang dijual dengan harga cukup kompetitif di Rp. 270 ribu hingga Rp 420 ribu sangat cocok bagi pengguna motor matik berukuran velg 13 inci. Namun harapan kami kedepannya ban ini bisa memiliki profile dan ukuran yang lebih banyak lagi.

Untuk mengakomodasi ragam kebutuhan konsumen, Corsa M5 ditawarkan dengan lima pilihan dimensi:

110/70-13 (depan), Rp 270 ribu
120/70-13 (depan), Rp 325 ribu
130/70-13 (belakang), Rp 350 ribu
140/70-13 (belakang), Rp 390 ribu
150/70-13 (belakang), Rp 420 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here