Waduh, Toyota Prius Kembali Kena Recall

0
Toyota Prius
Jalur perakitan Toyota Prius di fasilitas pabrik Toyota di Jepang. Foto : Shizuo Kambayashi / Associated Press
autonesian.com – Setelah recall pada bulan Februari 2014 dan Juli 2015 lalu, Toyota Amerika Serikat kembali baru saja secara resmi mengumumkan recall untuk model kendaraan hybrid pertamanya, yakni Prius dan Prius V.

Dalam recall tersebut diduga disebabkan adanya masalah terhadap seringnya kehilangan daya atau stall dalam kondisi tertentu. Namun power steering dan sistem pengereman tetap beroperasi ketika gejala itu terjadi dan bisa berisiko kecelakaan besar ketika mobil dalam posisi kecepatan tinggi.

“Kendaraan tersebut terancam gagal masuk ke mode safe driving karena adanya kesalahan di sistem hibrida, sehingga mobil bisa tiba-tiba berhenti seketika,” ujar pihak Toyota seperti dilansir melalui Carscoops.

Adapun Toyota Prius dan Prius yang kena dampak recall ini jumlah total mencapai 807.000 unit untuk model buatan 2010-2014 dan Prius V produksi tahun 2012-2014. Dan sebagai bentuk tanggung jawab, Toyota akan memperbaiki komponen yang rusak tersebut tanpa di punggut biaya.

Baca Juga :  GIIAS 2016 :: Toyota Hadirkan 30 Unit Dengan Teknologi Terkini

Selain tanpa dipungut biaya, Toyota juga menjelaskan dalam memperbaiki masalah ini akan relatif mudah dengan teknisi memperbarui perangkat lunak dari mobil yang terkena dampak dan pemilik juga akan diberitahu setelah pembaruan telah tersedia.

Sementara bagi konsumen yang ingin memeriksa apakah kendaraanya kena recall atau tidak, bisa periksa VIN (Vehicle Identification Number) mobil kesayangannya di situs NHTSA dan melihat apakah itu terlibat dalam kampanye keselamatan ini.

SHARE
Tri Setia Irawan
Tertarik tentang otomotif sejak bergabung bersama komunitas otomotif dan belajar menulis sejak masuk bangku SMA .Email : tri@autonesian.com / trie0856@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here