Memasuki Standar Emisi Euro 4, Toyota Pastikan Semua Konsumen Aman

Logo Toyota Hybrid
Logo Toyota Hybrid. Foto : Ist
autonesian.com – Dalam menyambut kebijakan penerapan standar emisi Euro 4, PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memastikan kepada semua pelanggannya, baik pemilik lama Toyota maupun akan membeli kendaraan baru, untuk tidak khawatir dengan akan diberlakukannya ketentuan tersebut.

Dan ketentuan standard Euro 4 bagi kendaraan roda empat oleh pemerintah, telah di atur dalam Peraturan Menteri LHK No.P. 20 Tahun 2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor roda 4 atau lebih Tipe Baru Katagori M, N dan O.

Selain itu juga tertuang dalam pasal 2 ayat 1, setiap usaha dan/atau kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru, wajib memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi Gas Buang standar Euro 4.

Baca Juga :  Mazda CX-5 Bermesin Diesel Tahun Depan Meluncur

Dengan kata lain, pasal tersebut mensyaratkan bahwa mesin kendaraan baru yang boleh atau diizinkan untuk dijual dan digunakan di Indonesia adalah yang sudah memenuhi ketentuan standar Baku Mutu Emisi Gas Buang Euro 4.

Berarti, dalam peraturan yang dijadualkan efektif berlaku pada Oktober mendatang, ketentuan standar emisi Euro 4 ini hanya diwajibkan untuk kendaraan baru, bukan kendaraan lama atau yang sudah ada ditangan konsumen.

Peraturan Menteri LHK ini sama sekali tidak menyinggung soal ambang batas emisi bagi kendaraan yang sudah diproduksi atau dibeli konsumen sebelum aturan ini efektif diberlakukan.

“Peraturan menteri hanya menekankan pada kewajiban terhadap pelaku industri, bukan pada kewajiban pelanggan, sehingga mereka ini tidak perlu khawatir. Sebagai Agen Pemegang Merek (APM), TAM memastikan akan memenuhi ketentuan tersebut di waktu yang ditentukan oleh pemerintah,” kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Baca Juga :  Hari ini, Dealer Mitsubishi Ketiga di Yogyakarta Diresmikan

Fransiscus juga menegaskan,”Semua emisi kendaraan baru Toyota yang dijual di setiap dealer, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun luar negeri, dipastikan sudah memenuhi sudah standar Euro 4. Jadi pelanggan tidak perlu risau.”

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
XTO Car Care hadir untuk mempercantik dan melindungi tampilan kendaraan agar selalu tampak baru

Produk Perawatan Mobil "XTO Car Care" Resmi Dirilis

Next Article
Tampak tampilan depan aplikasi Traveloka

Traveloka Kini Hadirkan Pemesanan Tiket Bus Antarkota

Related Posts