Cetak Mekanik Handal, Honda Motor Terus Kembangkan Kurilikulum Teknik

0
Para Alumni Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda yang telah bekerja di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)
Para Alumni Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda yang telah bekerja di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Foto : Ist
autonesian.com – Dalam melihat kebutuhan tenaga kerja terampil industri di berbagai sektor saat ini sedang menjadi sorotan besar dan Dunia pendidikan menjadi ujung tombak pemenuhan kebutuhan ini. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) sejak delapan tahun silam dengan mengembangkan program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda.

Program bertajuk Pendikan Satu Hati ini kini telah diimplementasikan di 667 SMK mitra binaan di 31 provinsi di Indonesia. Alumni yang dihasilkan program ini tercatat sudah bekerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya.

Siswa lulusan SMK yang mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda terbukti telah memiliki daya saing tinggi untuk dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif. Tahun lalu, sebanyak 42% pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) berhasil diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda.

Pada semester pertama tahun ini pun bertambah 157 orang seiring kebutuhan yang lebih luas di jaringan main dealer Honda. Dalam program ini juga didudukung oleh keputusan Presiden RI Joko Widodo dalam mengeluarkan Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

AHM saat ini juga bahkan terus dalam melakukan menyempurnakan Kurikulum TSM Astra Honda dengan muatan bisnis dan wirausaha yang nantinya akan melahirkan kurikulum baru berlabel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Di lain sisi, AHM juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi lulusan TSM Astra Honda untuk bekerja sebagai operator pabrik di Sunter, Cikarang, atau Karawang. Sekitar 96% kebutuhan operator baru dipasok oleh lulusan SMK mitra binaan AHM.

Baca Juga :  TTI Kuasai Seri III Ajang Kejurnas Motorsport 2018

Tak hanya memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, sebanyak 102 lulusan TSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri.

Untuk mendukung kemajuan usaha yang dijalankan, melalui Astra Honda Youthpreuner Program, AHM menggandeng beberapa wirausaha muda terpilih ini sebagai mitra untuk mendapatkan pembinaan dan dukungan khusus yang tidak diperoleh pengusaha bengkel muda lainnya.

Sementara itu, siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, atau memilih untuk masuk universitas dan perguruan tinggi saat ini terdata 731 lulusan dari tahun ajaran sekolah 2017.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan sejalan dengan upaya pemerintah melakukan revitalisasi SMK, AHM pun turut menguatkan upayanya dalam meningkatkan kualitas implementasi kurikulum TSM Astra Honda di setiap SMK binaan di seluruh provinsi di Indonesia.

”Melalui pendidikan vokasi Astra Honda, kami ingin kompetensi generasi muda alumni SMK dapat semakin berkualitas. Tidak hanya bermanfaat bagi industri tapi juga bisa menjadi wirausaha mandiri,” ujar Muhibbuddin.

Muhibbuddin menambahkan,”Mereka bisa berwirausaha sendiri atau bekerja di perusahaan atau melanjutkan kuliah dengan sistem yang terus kami kembangkan secara komprehensif dan terintegrasi.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here