Honda Asia Pasifik Resmikan Proving Ground di Thailand

Honda R&D Asia Pacific
Honda R&D Asia Pacific. Foto : Honda

autonesian.com – Demi meningkatkan serta menguji kualitas performa, Honda Asia Pasifik belum lama ini meresmikan fasilitas proving ground di wilayah Rojana Industrial Park, Prachinburi, Thailand. Proving ground Honda yang diresmikan pada Kamis (20/7/17), kemarin, ini juga merupakan ketiga di dunia setelah Jepang dan Amerika Serikat.

Proving ground yang memiliki luas tanah 80 hektar ini dan memakan dana iventasi sebesar 50 juta US dollar memiliki 8 area simulasi. Salah satunya trek panjang yang memiliki jarak kurnag lebih 8 KM dan terbagi atas oval course dengan panjang 2,18 km yang diperuntukan untuk menguji performa dalam kecepatan tinggi.

“Otomotif menjadi 1 di antara 10 target industri dari pemerintah yang gencar mengembangkan ekonomi Thailand. Investasi di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi menjadi bagian dari kebijakan pemerintah untuk memperkuat Thailand dengan meningkatkan daya saing untuk industri otomotif,” ujar Dr. Anurasak Boonruang, Menteri Sains dan Teknologi Thailand.

Proving Ground Honda Asia Pasifik yang dibangun di Thailan ini bisa menguji berbagai performa sepeda motor dan mobil. Sementara untuk menguji performa secara umum, baik untuk performa maupun pengereman dan kontrol di jalan dalam kondisi bergelombang serta blind corner. Bisa menguji nya di Winding Course yang memiliki 17 kurva trek.

honda-proving-ground-thailand-mobil-2

Kemudian Vehicle Dynamic are yang diperuntukan menguji stabilitas kendaraan dalam kecepatan tinggi dengan berbelok serta menguji sistem pengereman. Wet course, menguji kendaraan dalam simulasi kondisi jalan basah dan licin dengan berbeda kondisi. Seperti pool road, splash road, dan wet brake road serta genangan air bisa ditentukan dari 0-100 mm.

Baca Juga :  IRSA Kembali Mengumumkan Pemenang Kota dan Kabupaten Tahun ini

Dan Ride Road Course untuk menguji kondisi jalan sesuai berbagai negara asia dengan dibagi 8 permukaan, yaitu beton, aspal dan jalan kondisi melengkung. Special Surface Course, area yang digunakan untuk menguji kondisi bagian bawah dek kendaraan ketika melewati jalan rusak dan area ini didukung dengan tekonologi 3D.

Honda juga menyiapkan trek untuk menguji konsumsi bahan bakar, akselerasi di jalan lurus dengan trek sepanjang 1,2 km yang tersedia di area Slope Course. Selain itu juga, terdapat jalur yang berumput untuk menguji kendaraan untuk tidak merusak kondisi rumput dijalan. Seluruh fasilitas proving ground digunakan untuk menguji produk Honda dari Asia Oceania dan sekaligus yang dipasarkan di Thailand.

“Thailand menjadi telah menjadi pusat produksi Honda dan ekspor ke negara-negara Asia Ocenia. Ini akan menjadi basis penting bagi penelitian dan pengembangan dalam memperkuat produk Honda, dengan menguatkan daya saing, dan pengembangan otomotif berdesain yang sesuai harapan konsumen Thailand dan di regional ini,” tutup Shinji Aoyama, COO Asia and Oceania Operations, Honda Motor Co., Ltd. dan Executive Chairman sekaligus CEO Asian Honda Motor Co., Ltd

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
All New BMW 530i Luxury

BMW Seri 5 Terbaru Boyong Dua Penghargaan Bergengsi Tingkat Dunia

Next Article
Pelepasan para peserta Avanzanation di Kota Bandung

Tidak Hanya di Bandung, Avanzanation Digelar Serentak di Berbagai Kota

Related Posts