Daihatsu Resmikan R&D dan Sekaligus Perayaan 5 Juta Unit

Foto Bersama Setelah prosesi persemian Astra Daihatsu Motor (ADM) R&D Center di Karawang Timur
Foto Bersama Setelah prosesi persemian Astra Daihatsu Motor (ADM) R&D Center di Karawang Timur. Foto : Istimewa
autonesian.com – Hari ini, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan Pusat Penelitian & Pengembangan atau Research and Development Center (R&D) sekaligus merayakan pencapaian Produksi ke-5.000.000 unit, di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto disaksikan oleh Charge d’Affaires ad interim Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Kozo Honsei, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Selain itu juga turut hadir tiga perwakilan pemegang saham ADM, diantaranya Hiroyuki Yokoyama selaku Executive Vice President of Daihatsu Motor Company, Ltd. (DMC), Japan, Prijono Sugiarto selaku Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Yasuhiko Yokoi selaku  Executive Vice President of Toyota Tsusho Corporation (TTC), Japan dan Presiden Direktur ADM Sudirman MR dan Senior Executive Director ADM Tsuneo Itagaki.

R&D Center Daihatsu yang dibangun sejak 2011, memiliki fasilitas Design Building dan Engineering Building serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam kondisi jalan di Indonesia, 4 tipe tanjakan, test banjir dan lumpur dengan luas total sebesar 25 Hektare (Ha).

Baca Juga :  Joan Mir Merapat Ke Suzuki, Rinz: Saya Tidak Peduli

Pembangunan R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu untuk memajukan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di luar Jepang, sekaligus menjadi asset nasional yang membanggakan.

Dan memasuki usia ke 39 tahun, ADM juga mengukir prestasi dengan pencapaian produksi 5 juta unit yang terhitung sejak pertama kali produksi tahun 1978. Selain itu juga, ADM kini memiliki fasilitas perakitan kendaraan di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi mencapai 530.000 unit per tahun dan memproduksi kendaraan dengan merek Daihatsu dan Toyota untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke 54 negara tujuan di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Pencapaian produksi 5 juta unit ini disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2.447.211 unit (49%) dan Toyota sebesar 2.552.789 unit (51%) meliputi produk Xenia/Avanza, Terios/Rush, Gran Max, Luxio serta produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espas, Zebra, Taft, Delta, Classy, dan Charade.

Baca Juga :  Honda CB150R StreetFire Semakin Agresif di Special Edition

Keberhasilan ADM mencapai produksi 5 juta unit adalah berkat dukungan para supplier. Saat ini ADM bekerjasama dengan 263 supplier komponen Lapis Pertama (First Tier) dan 1.315 supplier Lapis Kedua (Second Tier) dengan melibatkan sekitar 900.000 tenaga kerja.

“Peresmian R&D Center dan pencapaian produksi hingga 5 juta unit merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC. Daihatsu akan terus melakukan pengembangan kompetensi kepada putera-puteri bangsa agar kelak memiliki kemampuan rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global,” ujar Presiden Direktur ADM, Sudirman MR.

Sudirman menambahkan, “Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, khususnya Kementerian Perindustrian, dan juga supplier, dealer dan partner Daihatsu di Indonesia. Komitmen positif para shareholder khususnya prinsipal berperan penting atas pencapaian ini.”

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Ban Bridgestone SUV Alenza 001 Resmi Meluncur

Next Article
New Toyota Agya Resmi Meluncur di Jawa Barat khususnya Kota Bandung

New Toyota Agya Sapa Konsumen Berjiwa Muda di Kota Bandung

Related Posts