Ford Kembangkan Produk Yang Lebih Kuat Seperti Kadal

ford-Procter-&-Gamble-biomimicry-2015

autonesian.com – Ford Motor Company belum lama ini memberikan kejutan dengan melakukan prestasi baru dengan inovasinya untuk menciptakan bahan perekat yang terinspirasi dari kadal. Ford juga akan melakukan riset bersama Procter & Gamble untuk menggunakan biomimicry sebagai solusi bisnis.

Penelitian yang sudah lama dilakukan Ford dalam memikirkan jalan keluar untuk membuat pabrikan otomotif lebih berkelanjutan. Tantangan utama adalah penggunaan lem untuk menempelkan foam perekat pada plastik dan logam dapat membuat kemungkinan daur ulang bagian atau sebagai perangkat mobil tidak mungkin dilakukan.

Dengan mempelajari kadal dalam bantalan kaki kadal membuat kadal bisa menempel di hampir semua permukaan tanpa cairan atau tegangan. Jenis reptil ini dapat dengan mudah melepaskan dirinya dari permukaan tersebut tanpa meninggalkan jejak. Kemampuan kadal dewasa seberat 2.5 ons yang mampu menahan beban seberat 293 pounds (133kg) juga menjadi sorotan.

Baca Juga :  BMW i8 Roadster dan Concept X7 iPerformance Resmi Hadir di GIIAS

“Kadal bisa menjadi inspirasi inovasi bahan perekat untuk penggunaan di Ford secara global dengan memecahkan masalah ini bisa menghemat biaya dan jelas sekali menghemat penggunaan sumber daya lingkungan. Artinya, kita dapat meningkatkan daur ulang ke lebih banyak foam dan plastik dan kedepannya mengurangi jejak lingkungan,” ungkap Debbie Mielewski, senior technical leader for plastics and sustainability research Ford.

Didukung dengan metode biomimetic, Ford baru saja menggelar sebuah forum di kampus Dearborn dengan partisipasi dari Procter & Gamble dan The Biomimicry Institute, sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mendorong pendekatan inovatif yang mencari solusi berkelanjutan bagi alam untuk menghadapi tantangan di masa modern. Hampir 200 peneliti dan desainer ambil bagian dalam sesi ini untuk mempelajari biomimicry dan bagaimana untuk mengaplikasikannya dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga :  Autocillin Mobile Claim, Mempermudah Klaim Asuransi Kendaraan

“Kami sangat senang dengan kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dengan Ford, yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan kami dalam workshop di The Biomimicry Institute. Di Procter & Gamble kami memiliki keinginan untuk menggunakan biomimicry sebagai jalan untuk memperluas pendekatan kami untuk memecahkan tantangan penelitian,” jelas Lee Ellen Drechsler, director for corporate connect and development, The Procter and Gamble Company.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts