Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 Kini Sambangi Kota Kediri

Festival Pasar Rakyat Pahing Kediri

Festival Pasar Rakyat telah digelar di Pasar Pahing, Kediri Foto : IST/Autonesian

Autonesian.com – Setelah sukses di Pasar Rangkasbitung, Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 kini hadir di pasar kedua yaitu Pasar Pahing, Kota Kediri pada 5-6 Oktober 2024.

Pasar Pahing sendiri terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Singonegaran, dipilih menjadi lokasi FPR karena merupakan pasar legendaris tertua di Kota Kediri dan bagi masyarakat Kediri menjadi nadi ekonomi sekaligus bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Setelah mengalami renovasi besar pada tahun 2008, pasar ini berkembang menjadi pasar tradisional semi-modern dengan lebih dari 1.300 pedagang yang menawarkan berbagai macam produk mulai dari sembako, hasil laut, tekstil, hingga perlengkapan rumah tangga.

Paling menjadi ciri khas pasar ini adalah kehadiran kios mebel serta layanan penjahit vermak yang turut menambah daya tarik para pengunjung.

Lebih dari sekadar tempat transaksi ekonomi, Pasar Pahing telah bertransformasi menjadi ruang berkumpulnya kebudayaan lokal dan kuliner khas yang kaya akan sejarah.

Meskipun telah mengalami perkembangan signifikan, Pasar Pahing, seperti banyak pasar tradisional lainnya, masih menghadapi tantangan penurunan jumlah pengunjung.

Pergeseran perilaku belanja masyarakat yang lebih memilih pusat perbelanjaan modern dan platform e-commerce menjadi faktor utama yang memengaruhi penurunan arus pengunjung, yang berdampak pada penurunan pendapatan bagi beberapa pedagang.

Selain itu, pasar ini masih minim dalam hal digitalisasi, yang menyebabkan tertinggalnya pasar dari aspek modernisasi. Digitalisasi yang lebih baik dapat membantu menarik pembeli, terutama dari kalangan generasi digital yang lebih terbiasa dengan transaksi daring dan sistem pembayaran non-tunai.

Tantangan lain yang dihadapi Pasar Pahing adalah kebersihan, pengelolaan sampah, pemeliharaan infrastruktur, dan keamanan pangan khususnya di Kota Kediri.

Wahyu Kusuma, Kepala Disperdagin Kota Kediri saat kegiatan penyuluhan di Pasar Pahing menyatakan agar semua pasar di Kota Kediri dapat menerapkan program pasar sehat.

Program ini juga supaya para konsumen, baik yang berasal dari dalam maupun luar kota merasa aman berbelanja di pasar-pasar di Kota Kediri.

Beliau juga berpesan kepada pedagang dan konsumen bahwa keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, yaitu produsen, konsumen, dan pemerintah.

Mendukung hal tersebut, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui Unit Usaha Syariah dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024.

FPR sendiri sebuah rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesehatan, kesenian dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik yang kreatif menuju Pasar Rakyat yang halal dan SEJAHTERA (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat).

Langkah tersebut juga melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, sebuah inisiatif untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar rakyat, menjadikannya sebagai pusat kegiatan sosial dan ekonomi yang lebih berdaya saing.

“Kami mendukung penuh strategi pemerintah daerah untuk memperkuat Pasar Pahing Kediri melalui penyelenggaraan FPR 2024. Inisiatif ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Agus Hartanto, Head of Regional SSD Jawa Timur Adira Finance.

Agus juga menjelaskan,”Melalui berbagai program yang mendukung pemberdayaan pedagang dan revitalisasi pasar, kami yakin pasar rakyat akan tetap menjadi bagian penting dalam pembangunan ekonomi lokal sekaligus pelestarian budaya.”

Seperti di Pasar sebelumnya, pihaknya juga turut menawarkan rangkaian program dan kegiatan, seperti Pameran Inklusi Keuangan Syariah, Uji Emisi dan Test Ride, Layanan Kesehatan Gratis, Lomba Fashion Show Anak Pasar dan Lomba Masak.

Selanjutnya kegiatan Zumba dan bersih-bersih pasar, Generasi Anak Sayang Pasar, Edukasi Safety Riding, Kesehatan dan Sayang Bumiku, Musik Hiburan dan Pertunjukan Seni Budaya.

“Kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pihak swasta, seperti yang dilakukan melalui program Festival Pasar Rakyat 2024, semakin memperkuat posisi Pasar Pahing sebagai pusat ekonomi lokal yang kompetitif,” ungkap Djauhari Luthfi SE, SH selaku Direktur PD Pasar Joyoboyo.

Exit mobile version