Honda Bersama LG Energy Solution Siap Bekolaborasi untuk Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Honda Motor Co LG Energy Solution

Honda. Foto : Autonesian/Dok. ist

Autonesian.com – Pabrikan mobil asal Jepang, Honda Motor Co., Ltd resmi mengumumkan kerjasama dengan LG Energy Solution untuk memproduksi baterai kendaraan listrik yang diperuntukan brand Honda dan Acura untuk pasar di wilayah Amerika Utara.

Perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak tersebut diumumkan senilai USD 4,4 juta tersebut akan diwujudkan dengan mendirikan pabrik baru di Amerika Serikat dengan kapasitas target produksi per tahunnya mencapai 40GWh.

Pabrik baru ini nantinya akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara, seiring dengan semakin meningkatnya tren kendaraan berbasis elektrik di kawasan tersebut.

Selain itu, pabrik tersebut juga dijadwalkan akan mulai dibangun pada awal tahun 2023 mendatang dengan target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.

Youngsoo Kwon, CEO LG Energy Solution mengatakan, “Peresmian kerjasama dengan Honda selain dapat meningkatkan reputasi brand kami, hal ini juga dapat menjadi tonggak kerjasama jangka panjang kami untuk mendukung tren elektrifikasi yang berkembang secara pesat di kawasan Amerika Utara.”

“Karena tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat pelanggan kami yang berharga, kami juga bercita-cita untuk memposisikan diri kami sebagai penyedia baterai terkemuka, dan kami bekerja dengan Honda dalam mencapai inisiatif untuk elektrifikasi, serta menyediakan solusi energi berkelanjutan untuk konsumen,” tambah Youngsoo Kwon.

Pada kesempatan yang sama Toshihiro Mibe, President, CEO and Representative Director of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan juga aktivitas perusahaannya pada tahun 2050 sesuai dengan visi perusahaan.

“Selaras dengan komitmen kami ini, Honda berkomitmen untuk mewujudkan pengadaan baterai EV yang merupakan komponen penting untuk kendaraan EV. Inisiatif dengan LGES sebagai produsen baterai global terkemuka, akan menjadi bagian dari pendekatan Honda tersebut di wilayah Amerika Utara,” terang Toshihiro Mibe.

Sebagai tambahan, Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

Selain itu, pihak Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050 mendatang.

Exit mobile version