Begini Rasanya Kencan Pertama Honda ADV150

0
First Impression motor honda adv150
First Impression Honda ADV150. Foto : Ahmad

Autonesian.com – PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya selalu melihat peluang yang tepat saat menghadirkan produk terbaru, Honda ADV150 yang baru saja diluncurkan bersamaan pameran otomotif Gaikindo International Autoshow (GIIAS) 2019.

Pada peluncuran tersebut berhasil membuat skutik gambot ini menjadi pusat perhatian, bukan hanya dalam pameran saja tapi juga pecinta roda dua nasional yang penasaran apa kelebihan dari skutik adventure ini.

Dan kali ini tim Autonesian.com bersama media lainnya mendapat kesempatan dari AHM untuk merasakan impresi yang disuguhkan Honda ADV150, memilih tempat di Spring Club, BSD, Tangerang.

Seperti pengetesan sepeda motor yang AHM selalu sajikan, ialah dengan membuat lintasan sendiri dengan cone yang sudah tertata membuat jalur pengetesan ditambah dengan speed bump serta perlengkapan safety gear sebagai standar pengetesan.

First Impression motor honda adv150

Melihat secara desain motor ADV150 sangatlah menarik karena seperti ada yang tak lazim dari motor skutik pada umumnya. Hal ini diperkuat pada ukuran ring ban depan motor ini berbeda dengan ukuran ring ban belakangnya. Untuk ban depan memiliki ukuran ring 14 inchi sedangkan belakang 13 inchi, Ko beda?

Mungkin karena motor ini berjenis matic adventure alias dual pupose sehingga AHM membuat ukuran ring yang berbeda antara depan dan belakang tapi bukan karena hal itu. Ukuran ban pada motor ini memang dirancang berbeda ukuran, karena bertujuan agar beban motor dan pengendara tertumpu pada bagian belakang.

Hal tersebut untuk menyebabkan bagian depan motor tidak terlalu mendapat tekanan beban sehingga handling Honda ADV150 ini menjadi sangat ringan dikendalikan saat kendarai sendiri maupun berboncengan.

Dibekali mesin 150cc eSP motor ini terbilang responsif ketika throtle gas sedikit dipulir motor langsung berjalan, begitu juga ketika semakin digas motor ini semakin melaju dengan cepat. Respon mesin terbilang cepat mulai dari rpm rendah sampai rpm menengah.

Baca Juga :  Lexus RX 200t F Sport Siap Gairahkan Pasar SUV Indonesia

First Impression motor honda adv150

Namun sayangnya, kami belum bisa merasakan top speed karena keterbatasan track yang tersediakan terbilang pendek. Sedangkan disisi kenyamanan handling sangat dirasakan dengan penggunaan handle bar semi fatbar serta jok lebar dan nyaman.

Selain mesin yang kami rasakan ialah kinerja suspensi, shock depan cukup ampuh saat melibas speed bump dengan kecepatan. Motor masih stabil serta tidak ada suara seperti terpentok, ayunan shock pun lembut untuk ukuran travel suspensi dari shock jenis teleskopik.

Pada bagian belakang, AHM menyematkan twin subtank rear suspension yang dibuat oleh Showa, gunanya untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan saat mengedarai ADV150 dijalan.

Untuk pengereman dari motor matik ADV150 ini sendiri sudah dibekali sistem pengereman ABS, kami mencoba melakukan pengereman mendadak dengan rem depan tak lama terdengar suara.

First Impression motor honda adv150

Hal itu juga membuktikan bahwa pengereman dari motor dual purpose ini berfungsi normal, dimana ECU ABS mengirim perintah ke kaliper rem depan untuk membuka tutup aliran cairan rem.

Begitu juga dengan rem pada bagian belakang, saat motor dalam kecepatan terbilang tinggi dan rem belakang kami tarik dengan kuat maka ban terkunci ditandai suara ban yang bergesekan dengan aspal.

Jadi, dari hasil pengetesan singkat ini kami berkesimpulan bahwa motor skutik yang resmi dijual dengan harga Rp 33,5 juta untuk tipe CBS-ISS dan ABS-ISS Rp 36,5 juta memang memberikan pengalaman baru berkendara serta sensasi riding yang tidak ditemukan di motor matik lain.

Secara spesifikasi dan fitur-fitur ADV150 yang tersematkan bagi kami sangat mumpuni, karena membuat orang yang mengendarai motor ini semakin percaya diri untuk diajak menjelajah segala medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here