Toyota Mulai Lirik Kembangkan Sistem Supplier Berevolusi Industri 4.0

Assembly Process di Fasilitas pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang
Assembly Process di Fasilitas pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang. Foto : Ist
autonesian.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) belum lama ini bersama dengan 130 pemasok lokal lapis ke-1 dan lapis ke-2 menutup pelaksanaan Toyota Production System (TPS) Jishuken ke-11 dengan menyelenggarakan TPS Lecture and Sharing Session di Hotel Resinda – Karawang.

Sementara TPS Jishuken merupakan sebuah program yang bertujuan untuk transfer keahlian dan ketrampilan dari Toyota kepada para pemasok. Dan juga menjadi salah upaya perusahaan mobil terbesar di Indonesia ini dalam mempersiapkan rantai pasok dalam menyongsong industri 4.0 yang saat ini tengah menjadi fokus perhatian pemerintah.

“Kemitraan ini didedikasikan untuk membangun pemasok melalui transfer keahlian yang mengutamakan pada pengembangan sumber daya manusia yang handal dengan keterampilan level global dalam menyambut era revolusi industri 4.0,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter.

Baca Juga :  Libur Akhir Tahun, Bengkel Mitsubishi Siap Siaga

Istilah Jishuken diambil dari 2 kata dalam bahasa Jepang, yaitu Jishu dan Kenkyu yang berarti self-independent investigation atau kemampuan untuk melakukan investigasi permasalahan dan membuat rencana serta aktivitas perbaikannya secara mandiri.

Jishuken itu sendiri merupakan salah satu bentuk pelatihan untuk menjamin proses transfer ketrampilan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan oleh Toyota kepada seluruh pemasok lokal di Indonesia, khususnya mengenai pelaksanaan sistem produksi Toyota (TPS).

Aktivitas TPS Jishuken diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007, dan hingga penyelenggaraannya yang ke-11 telah melakukan aktivitas pengenalan TPS serta pengembangan 18 TPS Leader dari 17 perusahaan pemasok lokal lapis ke-1 yang akan melakukan penularan lebih luas atas konsep TPS baik di perusahaan masing-masing maupun di perusahaan-perusahaan pemasok lokal lapis ke-2.

Baca Juga :  IIMS Surabaya Hadirkan 18 Brand Kendaraan Bermotor dan 47 Display Custombike

Selain itu, melalui program ini juga kedepannya diharapkan sebanyak 40 perusahaan pemasok lokal lapis 1 akan terlibat aktif dalam program TPS Jishuken untuk menciptakan 40 TPS Leader.

“Aktivitas TPS Jishuken selalu kami tutup dengan aktivitas berbagi pengalaman sehingga kami bisa bersama-sama saling belajar dan mengimplementasikan praktik-praktik terbaik sesuai dengan semangat terus-menerus berkembang dengan terobosan-terobosan dan inovasi baru,” tambah Edward.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Suzuki Auto Value Hadirkan Program Menarik di Akhir Tahun

Next Article
Dealer Wuling Ciputat

Dealer Wuling Kini Resmi Hadir di Wilayah Ciputat

Related Posts