Kuasai City Car, Suzuki Ignis Bukan Lawan Bagi Honda Brio

0
Suzuki hadirkan Ignis Rally Concept di GIIAS 2018
Suzuki hadirkan Ignis Rally Concept di GIIAS 2018. Foto : Rockomotif
autonesian.com – Pasar mobil kecil atau city car di Indonesia memang bukan pasar terbesar bagi mobil penumpang di Indonesia. Tapi segmen ini masih punya daya tarik bagi masyarakat Indonesia, terutama di perkotaan.

Inilah alasan mengapa Honda meluncurkan Brio baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Tapi alasan utama sebenarnya Honda Brio tidak bisa melawan pendatang baru Suzuki Ignis.

Merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat jika Suzuki Ignis berhasil menguasai 50,4% pasar city car di Indonesia. Sepanjang semester pertama 2018 Ignis mampu membukukan penjualan retail sebanyak 8.245 unit.

Patut diketahui jika data Gaikindo ini memisahkan antara city car dengan mobil LCGC. Jadi hasil ini hanya mengacu pada perbandingan Ignis dengan Honda Brio non LCGC, Daihatsu Sirion, Nissan March dan Mitsubishi Mirage.

Memang persaingan di segmen ini hanya didominasi oleh Ignis dan Brio saja. Sejak awal tahun angka penjualan keduanya saling susul menyusul.

Sejak awal diluncurkan, Ignis mengawali sepak terjangnya dengan merilis varian GX dan GL pada bulan April 2017. Disusul varian GL AGS pada GIIAS 2017 yang mendominasi peningkatan volume city car hingga mampu menjual 14.157 unit.

Kemunculan Ignis Sport Edition juga bersamaan dengan geliat segmen city car nasional pada awal tahun 2018. Puncaknya, penjualan Ignis selama semester pertama 2018 mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga 199,7% dibandingkan tahun lalu. Kontribusi Ignis sendiri mencapai 14,3% dari total penjualan Suzuki di Indonesia.

Baca Juga :  Royal Enfield Resmikan Gerai Ekslusif Pertama di Perancis dan Spanyol

suzuki ignis sport giias 2018

Ignis Rally Concept

Meski sudah menjadi raja di segmen city car, tapi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak lantas bersantai. Mengingat ada Honda Brio baru di GIIAS 2018 yang kini makin panjang dan besar.

SIS pun menghadirkan beberapa Ignis versi dress up untuk menarik konsumen baru. Seperti ada Ignis Suzuki Sport dan juga Ignis Rally Concept yang terpajang di GIIAS kali ini.

Yang terakhir ini cukup membuat pengunjung GIIAS meliriknya. Ubahan pada Ignis Rally Concept ini keren dengan memaduka unsur rally yang identik dengan mobil kecil.

Ignis saat ini tampil berani yang semakin memperkuat image Urban SUV dengan kesan sporty dan stylish. Ditambah Ignis juga memiliki berbagai fitur modern yang praktis dan andal. Mesin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc pun memiliki performa yang pas dengan bodi mungilnya.

“Kedua modifikasi pada Ignis tersebut bisa menjadi inspirasi bagi pecinta Suzuki,” papar Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales.

Kehadiran Suzuki Ignis pada tahun 2017 rupanya menjadi titik kebangkitan di pasar city car Indonesia karena berhasil menjadi primadona baru bagi konsumen Indonesia. Buat yang mau lihat detil seperti apa Ignis Sport dan Rally, silahkan mampir ke GIIAS ya.

Sumber : Rockomotif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here