Motor Listrik GESITS Mulai Kepakan Sayap Ke Senegal

Motor Listrik GESITS Ekspor Senegal

Seremoni pelepasan 1 kontainer motor listrik GESITS untuk pasar otomotif di Senegal, Sabtu, 16 Oktober 2021. Foto : Ist

Autonesian.com – PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) secara resmi melakukan ekspor perdana untuk motor listrik buatan tanah air, yakni GESITS ke Senegal pada hari Sabtu (16/10/2021).

Pada ekspor pertamanya ke Senegal, motor listrik GESITS sebanyak 1 kontainer resmi dilepas di fasilitas pabrik WIMA yang berlokasi di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi – Bogor.

Pelepasan tersebut turut disaksikan oleh Duta Besar RI Dakar, Bapak Dindin Wahyudin melalui virtual zoom, Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Kadiv Luar Negeri WIKA, Jajaran Direksi PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, serta Direksi & Manajemen PT WIKA Industri Manufaktur.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Dakar mengatakan “Ekspor GESITS ke Senegal ini akan membuka pasar ke negara-negara di sekitarnya. Senegal merupakan negara paling stabil secara politik di kawasan, dan merupakan pintu masuk atau hub bagi negara-negara di sekitarnya.”

Direktur Utama WIMA, M. Samyarto mengatakan bahwa ekspor motor listrik GESITS ini merupakan perdana dilakukan oleh WIMA setelah pada bulan Juni lalu dilakukan peluncuran resmi GESITS di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.

“Pelaksanaan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global. Hal ini juga membuktikan bahwa GESITS adalah suatu produk yang unggul dan berkualitas dikelasnya” Ujar Samyarto

Lebih lanjut, Direktur Utama WIMA, Samyarto, juga menggarisbawahi bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, diantaranya Kementrian Luar Negeri Indonesia khususnya Kedutaan Besar RI di Dakar, yang turut mempromosikan GESITS di kawasan Afrika Barat.

Pada dulkungan dukungan tersebut merupakan wujud nyata pelaksanaan diplomasi ekonomi untuk menembus pasar prospektif di wilayah Afrika Barat serta bentuk konkrit dukungan program “BUMN Go-Global”.

Momentum kedatangan motor listrik GESITS tersebut, nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK), awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, namun juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat.

Sementara motor listrik GESITS ini sendiri dipersenjatai oleh tanaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya.

Exit mobile version