Dorong Gunakan Kendaraan Listrik, UMKM Diharapkan Ikut Kena Insentif

kendaraan listrik gerobak listrik gelis umkm

Salah satu pedagang yang telah menggunakan Gelis (Gerobak Listrik). Foto: Dok. Gelis

Autonesian.com – Sejalan Pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan bertenaga listrik, tak hanya untuk kendaraan pribadi dan juga kendaraan komersial maupun usaha.

Salah satunya sejumlah perusahaan asal Tanah air juga tidak mau kalah untuk mengembangkan kendaraan listrik termasuk yang menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

PT Solar Panel Indonesia (SPI) misalnya yang telah memproduksi Gerobak Listrik atau dikenal sebagai Gelis yang saat ini gencar diperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi para pelaku UMKM.

“UMKM di Jawa Barat cukup besar, sehingga perlu didukung oleh kendaraan yang handal dan efisien,’’ujar Chief Sales & Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI) Ary Tjahjono. Karenanya, SPI membuka dealer di Bandung untuk melayani masyarakat Jawa Barat, khususnya kalangan UMKM.

Saat ini, Gelis saat ini telah memiliki fasilitas produksi dengan menempati kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini terus dikembangkan seiring bertumbuhnya permintaan pasar.

Beberapa komponen pembuatan Gelis juga telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi dan roda, masih diimpor.

PT SPI akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan. Kualitas, performa dan durabilitas hasil kerja anak bangsa ini telah ditunjukkan melalui produk tipe pertama, yaitu GELIS 300.

Berbekal motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, GELIS 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Km/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 Km.

Pada kesempatan yang sama Owner Dealer Gelis Bandung Eko Wardhanawan mengungkapkan, Gelis cocok untuk menopang usaha UMKM maupun dapat digunakan untuk usaha lainnya.

“Di Jawa Barat seperti Ciamis, Tasikmalaya, Garut hingga Pangandara memiliki potensi pasar yang besar, apalagi kendaraan ini efisien dan tidak membutuhkan maintenance yang rumit,” ungkap Eko.

Eko juga mengatakan kendaraan listrik atau gerobak listrik (Gelis) tersebut bisa digunakan sebagai sarana mobilitas para UMKM untuk mendukung usahanya. Menurut dia, pihaknya juga sedang menyiapkan skema pembiayaan agar produk Gelis bisa dijangkau oleh kalangan UMKM.

’’Selain itu kami butuh dukungan pemerintah daerah agar pajaknya nol seperti di Jakarta. Karena kendaraan ini bisa menggerakkan UMKM untuk menopang perekonomian daerah,’’katanya.

Exit mobile version