Meski Ekonomi Masih Drop, Adira Insurance Tetap Moncer

Zurich Insurance Group Asuransi Adira

Ilustrasi Gedung Zurich Insurance dengan gedung Asuransi Adira. Foto : ist/autonesian

Autonesian.com – Ditengah masa sulit Covid-19 di seluruh dunia dan Indonesia, namun PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) berhasil membukukan premi bruto kuartal III/2020 senilai Rp 1,5 Triliun atau naik sebesar 2,3% (yoy) dari kuartal III/2019 senilai Rp 1,22 Triliun.

“Dampak dari pandemi ini bukan hanya secara kesehatan, namun secara finansial dan psikologis. Namun, dalam masa yang penuh ketidakpastian inilah peran perusahaan asuransi menjadi sangat penting, untuk hadir bagi pelanggan serta memberikan dukungan dan perlindungan yang komprehensif,” ungkap Hassan Karim, Chief Marketing Officer Adira Insurance pada saat press conference secara virtual, Kamis (03/12/2020).

Pasalnya keberhasilan tersebut juga didukung oleh perubahan perilaku masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Menurut Riset McKinsey & Company COVID-19 Consumer Pulse Surveys memaparkan perilaku pembelian pelanggan Indonesia bergeser secara online dan kemungkinan besar akan berlanjut setelah krisis.

Hal ini didukung pula dengan semakin banyaknya masyarakat yang melek akan teknologi. Menurut Data Indonesia Digital Januari 2020, ada 175.4 juta pengguna mobile internet di Indonesia dan pengguna internet di Indonesia ada 64% dari total populasi.

Sementara pada industri Asuransi, ketika jalur tradisional terdampak oleh pandemi Covid-19, perusahaan dituntut untuk bergerak ke jalur digital. Adira Insurance sendiri sudah memulai perjalanan digitalisasinya sejak 2014, saat itu diawali dengan sentralisasi pembayaran klaim. Selanjutnya, pihaknya juga terus melakukan berbagai pengembangan dan inovasi.

“Ketika pandemi melanda dan seluruh dunia harus bekerja dari rumah, ini bukan merupakan hal baru bagi Adira Insurance. Kami telah menerapkan working from home sejak 2018, sehingga infrastuktur dan sistem IT kami siap untuk seluruh perusahaan agar tetap beroperasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ungkap Hassan.

Hal ini juga terus mendukung Adira Insurance untuk berinovasi dan dapat bertahan di masa pandemi dengan memberikan kemudahan bagi para pelanggan setianya, salah satunya menawarkan aplikasi Autocillin Mobile Claim.

Aplikasi Autocillin Mobile Claim sendiri hadir dengan menawarkan kemudahan pengajuan klaim bagi Pelanggan melalui smartphone. Pelanggan cukup foto kerusakan mobil, lalu upload di aplikasi, mobil Anda langsung diperbaiki dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Digitalisasi ini merupakan salah satu hal yang mendukung pihaknya untuk dapat terus bertahan di masa pandemi. Adira Insurance telah berkomitmen untuk melakukan inovasi secara digital untuk memberikan kemudahan bagi Pelanggan, salah satunya dengan Aplikasi Autocillin Mobile Claim yang memudahkan.

Untuk Adira Insurance yang resmi diakuisi Zurich Insurance Company (Zurich) pada November 2019, saat ini Zurich memegang 80% saham Adira Insurance dan menjadi asuransi umum internasional teratas di Indonesia.

Exit mobile version