Bridgestone Berkolaborasi Volkswagen Hadirkan Ban Ringan Khusus Mobil Listrik

Bridgestone Volkswagen ID 3

Volkswagen ID.3. Foto : Ist

Autonesian.com – Pabrikan Ban Bridgestone resmi berkolaborasi bersama Volkswagen untuk mempersembahkan sebuah terobosan baru yang menghadirkan ban dengan berat yang ringan untuk kendaraan listrik terbaru, Volkswagen ID.3.

Kehadiran teknogi tersebut, pihaknya melihat trend kehadiran mobil listrik dan meski di Indonesia memang belum secemerlang kendaraan berbahan bakar pada umumnya. Namun berbanding terbalik di Eropa, dimana peminat mobil listrik meningkat sebesar 58% di quartal 1 tahun 2020 dengan jumlah penjualan mencapai 220 ribu unit.

Hal ini lah membuat Bridgestone menciptakan Ban Turanza Eco pertama yang dirancang khusus untuk ID.3 dan merupakan ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dari biasanya. Dengan Teknologi ENLITEN yang ramah lingkungan, membuat ban Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang sangat rendah.

Sementara D.3 adalah kendaraan listrik pertama dari Volkswagen yang sudah dinantikan selama ini, ID.3 diciptakan untuk memberikan manfaat berkendara bagi mereka yang terbiasa mengendarakan mobilnya sehari-hari.

Selama pengembangan ID.3, Volkswagen mencari ban yang dapat memberikan performa tingkat tinggi baik di permukaan basah maupun kering, dengan sistem pengereman yang sangat baik, umur ban yang panjang, dan yang paling penting memiliki hambatan gulir yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan hambatan gulir sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, dalam hal ini daya tahan baterai ID.3.

“Bridgestone menjawab semua kebutuhan tersebut dengan menciptakan ban Turanza dengan Teknologi ENLITEN,” pihak Bridgestone melalui keterangan resminya kepada Autonesian.com.

Pihaknya juga menegaskan,”Teknologi ini membuat ban menjadi lebih ringan dengan inovasi terbaru dari Bridgestone dimana ban menggunakan material yang lebih sedikit dan mengasilkan hambatan gulir yang rendah dengan manfaat yang signifikan bahkan sempurna untuk kendaraan yang dilahirkan untuk masa depan.”

Pasalnya ban khusus mobil listrik yang diciptakan dan mengadopsi teknologi ENLITEN ini mampu memberikan hambatan gulir lebih rendah 30% dari ban musim panas premium lainnya.

Hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik – memastikan bahwa para pengemudi ID.3 dapat menikmati perjalanan sejauh mungkin.

Sebagai tambahan, ban dengan Teknologi ENLITEN mampu menghemat bahan bakar/baterai hingga 20% dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya1. Hal ini setara dengan penggunaan bahan baku yang 2kg lebih ringan dibandingkan dengan kebutuhan bahan baku ban regular lainnya, sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan.

Selain dari kelebihan Teknologi ENLITEN yang disebutkan diatas. Keselarasan antara material-material unik yang digunakan dalam menciptakan Teknologi ENLITEN dan proses pencampuran bahan baku unik dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram.

Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering, yang berarti Teknologi ENLITEN mampu meningkatkan kendali kendaraan dan kenyamanan berkendara, dan dalam konteks ID.3, semua hal tersebut sesuai dengan target dari Volkswagen.

Exit mobile version