Toyota Sabet Penghargaan di Nusantara CSR Awards

Toyota Nusantara CSR Awards 2018

(kiri-Kanan) Prof Ibnu Hamad Guru Besar Ilmu Komunikasi UI menyaksikan La Tofi selaku Senior Advisor LaTofi School of CSR menyerahkan Penghargaan kepada Sapta Purnomo selaku Perwakilan dari TAM. Foto : Dok.Toyota

autonesian.com – Menjelang akhir tahun PT Toyota-Astra Motor (TAM) meraih penghargaan Nusantara CSR Awards 2018 untuk kategori “Peningkatan Mutu Pendidikan”, karena dinilai sebagai perusahaan yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan ramah lingkungan kepada generasi milenial.

Nusantara CSR Awards 2018 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan The La Tofi School of Corporate Social Responsibility, bagi perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Program CSR bidang pendidikan dilatarbelakangi dari kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pola hidup manusia yang tidak ramah lingkungan. Generasi milenial dijadikan sebagai target karena mereka inilah sebagai generasi penerus bangsa di masa depan.

Melalui pendidikan formal yang dipadukan dengan berbagai program lingkungan, maka upaya pembentukan karakter ramah lingkungan dimulai, dan diharapkan akan menumbuhkan kepedulian generasi milenial terhadap lingkungannya melalui aktivitas kaizen/continuous improvement yang menyenangkan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa membentuk karakter ramah lingkungan bagi generasi milenial, bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal itu memerlukan strategi khusus agar hasil yang dicapai bisa lebih optimal.

“Menjadikan institusi pendidikan sebagai agen pembentukan karakter, menjadi salah satu kuncinya. Dengan memberikan pemahaman, yang kemudian menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berkelanjutan, maka diharapkan akan terwujud karakter generasi milenial yang ramah terhadap lingkungannya,” ujar Henry, hari ini.

Untuk mewujudkan program ini, sejak 2016 TAM telah bekerjasama dengan salah satu SMK di daerah Bekasi, yaitu SMK Al Muslim sebagai role model atau proyek percontohan dalam menanamkan nilai-nilai ramah lingkungan kepada generasi milenial.

Selain di SMK Al Muslim, program ini juga kembali dilanjutkan oleh Toyota dengan melakukan ekspansi ke 21 sekolah lainnya. Pada tahun ini, program ekspansi kembali dilakukan ke 44 SMK lainnya.

“Melalui ekspansi program, diharapkan terjadi peningkatan motivasi generasi milenial untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan, dengan cara yang menyenangkan. Dan kami bersyukur upaya kami dalam peningkatan nilai-nilai kesadaran lingkungan di kalangan muda ini mendapatkan apresiasi dari pihak lain melalui Nusantara CSR Awards 2018 ini,” kata Henry.

Pemilihan sekolah ditetapkan berdasarkan kesamaan visi antara TAM dan sekolah yang bersangkutan, sehingga program akan lebih diterima dan dijalankan, serta akses yang mudah dijangkau untuk melakukan monitoring terhadap perkembangan program pembentukan karakter tersebut.

Selama program, beberapa aktivitas yang dijalankan antara lain transfer knowledge kepada guru dan siswa tentang pentingnya nilai-nilai peningkatan kesadaran lingkungan, pelatihan-pelatihan, pemberian teori tentang kaizen, studi kasus, kunjungan dan bimbingan, praktik, kompetisi program lingkungan, dan sebagainya.

Selama 2 tahun pelaksanaan program ini, telah melahirkan tak kurang dari 46 proyek lingkungan dan siswa dan sekolah, 126 ide perbaikan, serta nilai penghematan terhadap sumber daya alam yang mencapai Rp112,2 juta/tahun.

Exit mobile version