Hyundai Gandeng Wartsila Kembangkan Baterai Mobil Listrik

Hyundai Ioniq Electric

Hyundai Ioniq Electric. Foto : Ist

autonesian.com – Hyundai Motor Group (HMG) menggandeng Wartsila untuk kemitraan teknologi dan komersial dalam mengembangkan baterai kendaraan listrik (EV) pada masa pakai kedua di pasar penyimpanan energi yang terus berkembang.

Kemitraan global akan menggabungkan ekspansi Hyundai dalam kendaraan listrik dengan bisnis energi yang berkembang di Wartsila dengan meliputi 67 GW pembangkit listrik terpasang dan teknologi penyimpanan energi canggih serta perangkat lunak yang dibuat melalui akuisisi Greensmith Energy.

Kemitraan ini juga dikabarkan akan menargetkan produk penyimpanan energi canggih dan platform yang memaksimalkan baterai kendaraan listrik masa hidup kedua Hyundai untuk dikomersialkan di jaringan pelanggan dan saluran Wärtsilä yang ada di 177 negara secara global.

Selain itu juga dipercayai untuk menciptakan sisi bisnis dan pasar yang berkembang untuk sistem penyimpanan energi canggih serta menargetkan aplikasi skala-utilitas dan komersial yang cocok untuk baterai kendaraan listrik masa hidup kedua.

Model bisnis dan kolaborasi yang terkait akan mengejar pembentukan rantai pasokan global yang berkelanjutan untuk memanfaatkan hubungan OEM manufaktur baterai, aplikasi EV dan penyimpanan energi penyimpanan serta daur ulang.

Wakil Presiden Eksekutif Divisi Strategi & Teknologi dan Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group, Dr. Youngcho Chi mengatakan, Penyimpanan energi adalah langkah logis berikutnya dalam penggunaan after-market baterai EV.

“Dengan repurposing produk-produk padat seperti baterai EV, kami menghilangkan biaya pembuangan dan memperluas nilai investasi R&D yang masuk ke dalam manufaktur teknologi. Kami juga ingin memperkuat kepemimpinannya dalam teknologi bersih dan keberlanjutan dengan berpartisipasi dalam bisnis energi baru,” kata dia.

Pada tahun 2025 nanti, akan ada 29 GWh baterai EV second-life yang tersedia, jauh melebihi ukuran pasar penyimpanan stasioner, dengan 10 GWh saat ini tersedia untuk aplikasi penyimpanan.

Baca Juga : Tata Motors Kembali Suntik Dana Segar £ 13,5 Miliar Untuk Jaguar Land Rover

“Wartsila melalui kemampuan dan pengalaman integrasi dari Greensmith Energy, akan mengembangkan pendekatan yang lebih bersih dan lebih kuat untuk aplikasi baterai masa pakai kedua untuk Hyundai Motor Group,” kata Javier Cavada, Presiden Solusi Energi Wartsila.

Dia menambahkan, kemitraan strategis Wartsila dengan Hyundai Motor Group mewakili visi siklus hidup Wärtsilä yang terus berusaha untuk memberikan kepada pelanggannya seluruh dunia.

“Menggabungkan baterai EV kehidupan kedua ke dalam bisnis energi dan integrasi kami menegaskan komitmen mendalam kami untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan dengan teknologi pintar,” imbuhnya.

Exit mobile version