Begini Caranya Biar Bayi Tidak Rewel Ketika Dibawa Mudik

Perjalanan jauh bersama bayi dengan kenyamanan dan keselamatan
Perjalanan jauh bersama bayi wajib mengutamakan kenyamanan dan keselamatan. Foto : TravelPulse
autonesian.com – Kebiasaan mudik atau berpergian jauh demi berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman, kadang kita jarang mempersiapkan secara matang transportasi demi kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan. Apalagi ketika membawa bayi yang selalu memerlukan kebutuhan khusus dan kenyamanan sang buah hati.

Selain perlengkapan umum seperti pakaian, makanan, susu, obat-obatan, mainan kesukaan sang buah hati dan lainnya, Anda juga akan dituntut lain untuk mempersiapkan segala sesuatu agar si kecil tak rewel diperjalanan.

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, kini tinggal merencanakan transportasi yang digunakan Anda dan keluarga dalam melakukan perjalanan apa untuk mudik. Beberapa  transportasi seperti mobil, pesawat atau kereta api bisa menjadi pilihan dengan keuntungan masing-masing.

Untuk menghemat waktu dan bujet, Anda bisa mencari tiket pesawat murah untuk berpergian. Lain halnya bila membawa kendaraan pribadi, persiapkan fisik dan keuangan Anda karena akan menepi setiap saat. Setiap transportasi ada aturan dan cara amannya masing-masing bagi kenyamanan bayi.

Pesawat

Jika kamu menggunakan pesawat dan sang ibu masih menyusui, merupakan poin menguntungkan bagi Anda. Untuk menghindari tekanan pada telinga bayi yang bisa membuat rewel, ibu dapat menyusui saat pesawa akan lepas landas atau mendarat. Selain itu sediakan headphone untuk menutup telinga bayi dari tekanan ketinggian.

Baca Juga :  Shell Luncurkan Oli Motor Skuter 10W-30 Baru

Demi kenyamanan, jangan membawa barang terlalu banyak. Simpan satu tas yang berisi keperluan pokok bayi seperti makanan, popok dan mainan di bawah tempat duduk ibu agar mudah dijangkau sewaktu-waktu diperlukan.

Kereta

Mudik dengan kereta api merupakan cara alternatif yang lebih santai dibandingkan dengan transportasi lainnya. Namun, Anda harus melakukan beberapa persiapan untuk menghindari beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Rencanakan rute dan gunakan kereta api yang langsung ke tempat tujuan, untuk menghindari perubahan kereta atau transit-transit kereta.

Pilih tempat duduk di sisi jendela, supaya bayi dapat menikmati pemandangan indah dari jendela kereta. Rencanakan kendaraan berikutnya setelah turun dari kereta api, apakah perlu memesan taksi atau sudah ada mobil sewaan yang menanti.

Mobil

Cara paling aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan dengan mobil adalah dengan membawa kursi bayi (baby seat). Hal ini dapat membuat sang buah hati merasakan nyaman dengan ukuran dan posisi yang benar. Beberapa baby seat saat ini umumnya telah memenuhi standar keamanan yang tepat.

Baca Juga :  BMW Hadirkan Inovasi Baru di German-Indonesian Science & Technology

Kaca mobil juga perlu diperhatikan. Kaca mobil yang gelap juga dapat menghindari kulit dan mata bayi dari paparan sinar matahari secara langsung. Buat mobil selalu dalam keadaan sejuk, sehingga bayi tidak rewel karena kepanasan. Musik-musik yang menyenangkan juga bisa membuat bayi menikmati perjalanan.

Mudik memang rutinitas yang menyenangkan, namun Anda juga harus memperhatikan kesehatan sang buah hati dan ibunya. Jangan terlalu memaksakan jika Anda dan keluarga sudah merasa lelah atau bayi sudah rewel. Hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan yakni Anda harus mendapat persetujuan dari dokter untuk membawa sang buah hati berpergian jauh.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment

Previous Article
dealer Honda Bintang Madiun

Tambah Jaringan Dealer, Honda Bintang Madiun Diresmikan

Next Article
Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT)

Rayakan Ulang Tahun, FORWOT Tekankan Para Jurnalis Tetap Kreatif dan Kritis

Related Posts