Begini Caranya Cari Wiper Mobil Yang Ok Ala Denso

Ilustrasi Wiper Mobil

Ilustrasi Wiper Mobil. Foto : Istock

autonesian.com – Masih banyak para pengendara mobil yang mengabaikan fungsi dari wiper. Meskipun wiper mobil termasuk aksesoris pendukung, namun bisa bikin fatal akibatnya kalau kondisinya tidak berfungsi maksimal ketika digunakan.

Padahal, wiper adalah aksesoris penting di mobil Anda oleh karena itu ada baiknya untuk rutin melakukan pemeriksaan pada kondisi wiper mobil kesayangan Anda. Pasalnya, wiper yang berfungsi dengan baik sangat membantu pada saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Jika mendadak hujan, wiper pun akan siap untuk digunakan.

Wiper berfungsi untuk menyapu air di kaca mobil. Air hujan yang mengguyur kaca mobil akan mempengaruhi jarak pandang pengemudi, otomatis mengakibatkan terjadinya gangguan pandangan. Oleh karena itu, kualitas wiper tergantung dari sapuan terhadap air ataupun kotoran di kaca mobil.

“Wiper yang bagus harus dapat menyapu air dengan sempurna, gak berisik saat dijalankan, dangesekan karet-nya gak bakal ninggalin goresan di kaca mobil” ujar Assistant Manager Powertrain PT Denso Sales Indonesia, Yusup Budi Setio.

Lebih lanjut Yusup menjelaskan, DENSO memiliki wiper blade yang disempurnakan dengan graphite coating technology. Teknologi ini berfungsi agar wiper tidak menimbulkan bunyi pada saat menyapu air atau kotoran. Selain itu, jika kaca mobil Anda menggunakan water repellent, graphite coating dapat menjaga water repellent pada kaca mobil Anda agar lebih tahan lama.

Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah posisi wiper pada saat terkena terpaan panas. Jika memarkir kendaraan di tempat yang langsung terkena sinar matahari, ada baiknya wiper diangkat. Hal ini dikarenakan, kaca mobil yang panas dapat merusak karet wiper yang menempel di kaca mobil.

Dampaknya adalah wiper akan menjadi cepat kering dan retak. Jika sudah seperti itu, maka sudah saatnya wiper anda harus diganti. Jika masih digunakan, sapuan wiper dengan karet yang keras dan retak hanya akan membuat kaca mobil Anda tergores. Air dan kotoran di kaca mobil pun tidak tersapu dengan sempurna.

Selain itu juga, pandangan menjadi terganggu dan membahayakan pengemudi. Untuk itu, sebagai pengendara, Anda wajib merawat wiper dan ketika wiper harus diganti, jangan salah membeli wiper dan asal harganya murah saja.

Baca Juga :

Exit mobile version