Polusi Semakin Menggila, Pengendara Motor Harus Pake Masker

Mobil123 dan Otospirit beserta sejumlah anggota komunitas sepedamotor melakukan aksi simpatik berupa pembagian 1000 masker secara gratis kepada para pesepedamotor di persimpangan Buara, Jaktim, dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap 7 April 2017

Mobil123 dan Otospirit beserta sejumlah anggota komunitas sepedamotor melakukan aksi simpatik berupa pembagian 1000 masker secara gratis kepada para pesepedamotor di persimpangan Buara, Jaktim, dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap 7 April 2017. Foto : Istimewa

autonesian.com – Kita ketahui di kota-kota besar tidak asing dengan kemacetan dan polusi udara juga semakin banyak. Dan tidak heran para industri otomotif berlomba-lomba untuk memproduksi kendaraan dengan gas emisi rendah.

Selain itu juga kita harus tau, paparan polusi udara dalam waktu jangka panjang bisa membahayakan kesehatan manusia. Salah satu efek awalnya adalah pusing dan sesak napas hingga menimbukan depresi. Depresi sendiri bisa terjadi pada siapa pun.

Hal ini menyebabkan kerusakan mental dan mempengaruhi kemampuan orang untuk melaksanakan tugas sehari-hari. Sebab, pengidap depresi ditandai dengan perasaan yang menurun seperti muram, sedih sampai perasaan tertekan. Dan untungnya, depresi dapat dicegah.

Untuk mencegah meluasnya depresi ke tengah masyarakat, Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com mengadakan kegiatan sosial “Mask for Bikers” dengan membagikan 1.000 masker kepada para pengguna kendaraan sepedamotor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.

Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 – 17.00 WIB turut melibatkan 15 bikers dari lima komunitas sepedamotor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias).

Selanjutnya mereka turut membagikan seribu masker kepada para pengguna jalan.
Kondisi ini praktis menimbulkan daya tarik para pemotor dengan menghampiri dan mengambil masker-masker untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berkendaran sepedamotor.

Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang setiap tahunnya pada 7 April diperingati oleh seluruh penduduk bumi. Untuk tahun ini, tema global Hari Kesehatan Dunia adalah “Depression: Let’s Talk”.

“Kami merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama. Kami telah memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepedamotor,” kata Regia Glamouria di Jakarta, Rabu (12/4/17).

Menurut Regia, kegiatan ini dilakukan untuk menghindari pengguna sepedamotor terpapar polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, di mana dampaknya akan sangat mengganggu kesehatan di kemudian hari.

“Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja,” lanjut Regia.

Di 2015, WHO mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Hampir setengah dari orang-orang ini hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat. Dan 3 juta kematian per tahun akibat terpapar polusi udara, di mana 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang.

Pada bulan Oktober 2016, World Health Organization (WHO) meluncurkan kampanye satu tahun untuk memastikan banyak orang yang terkena depresi di semua negara harus mendapatkan bantuan. Dengan kegiatan bagi-bagi masker ini tentunya bisa mewujudkan program WHO. Sedangkan di Indonesia telah tercatat sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi.

Baca Juga :

Exit mobile version