Para Karyawan Toyota Indonesia Lakukan Penghijauan Karawang

autonesian.com – Seluruh karyawan Toyota Indonesia yang tergabung dalam Toyota Indonesia Adventurers Club (TIAC) bersama aktivis pecinta lingkungan dan warga Karawang, Minggu 2 Oktober 2016 melakukan penanaman 1.600 bibit pohon rasamala di Puncak Sempur, Gunung Sangga Buana, Kota Karawang.

Mengambil tema “Toyota Green Camp,” penanaman pohon yang diiringi kegiatan berkemah dengan slogan “Green Action from Green Employee” telah menggenapkan jumlah total pohon yang sudah ditanam komunitas TIAC menjadi sebanyak 31.600 pohon dan melibatkan 100 peserta turun langsung menanam pepohonan di wilayah yang juga menjadi kawasan wisata paralayang di Karawang. Aktivitas ini murni dilakukan dengan inisiatif mandiri karyawan Toyota Indonesia dan anggota TIAC.

Sebanyak 1.600 bibit pohon rasamala yang bermanfaat untuk menyerap air ditanam agar dapat mengembalikan fungsi Puncak Sempur yang merupakan bukit dan termasuk bagian dari Gunung Sangga Buana. Dengan luas 300 hektar, Puncak Sempur memiliki peranan penting sebagai wilayah kantung air bagi warga Karawang dengan mata air yang mengalir melalui sungai Cibeet dan Citarum. Keberadaan pepohonan di Puncak Sempur juga dapat menjadi wilayah resapan air yang menjaga masyarakat sekitar dari bencana banjir.

“Kami berharap aksi penanaman pohon oleh karyawan Toyota Indonesia untuk menjaga kondisi alam dapat menjadi salah satu kontribusi nyata dan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar. Semoga kedepannya, aksi kecil kami dapat menghasilkan manfaat yang besar untuk Kota Karawang”, ungkap Chaidir Ritonga Ketua TIAC melalui siaran resmi kepada autonesian.com, Selasa (04/10/16).

Selain kegiatan yang bersifat inisiatif para karyawan, secara korporasi Toyota Indonesia juga aktif melakukan program pelestarian lingkungan dalam bentuk penanaman pohon keras dan bakau diberbagai lokasi seperti di Jakarta, Karawang, Bogor, Sragen, Bantul, Semarang, dan lainnya. Untuk Karawang telah ditanam 524.000 pohon, sementara total pohon yang telah ditanam mencapai lebih dari 800.000 pohon.

“Kami bangga akan inisiatif pribadi dari para Karyawan Toyota Indonesia yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan. Semoga dengan semangat “Green Action from Green Employee’ bersama-sama kita dapat mewujudkan bumi yang hijau untuk sekarang dan generasi yang akan datang,” ujar Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal, I Made Dana Tangkas.

Baca Juga :

Exit mobile version