Pameran GIIAS Surabaya Auto Show 2015 Resmi Dibuka

giias-surabaya-2015

autonesian.com – Pameran otomotif bertajuk GIIAS Surabaya Auto Show 2015 telah resmi dibuka kemarin, Kamis (10/12), yang diresmikan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Doktor H Ahmad Sukardi bertempat di Grand City Convention and Exhibition.

Dalam sambutan Ahmad pada opening ceremony, beliau mengharapkan agar pameran otomotif bertaraf internasional seperti GIIAS dapat lebih sering di hadirkan di Jawa Timur, “Saya berharap Pameran Otomotif internasional seperti GIIAS Surabaya Auto Show dapat lebih sering dihadirkan di sini, karena sebenarnya pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur sejak tahun 2013 tercatat lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Nasional,”

Angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mencapai 5,44 persen dibandingkan dengan pertumbuhan ekomoni Nasional yang tercatat 4,7 persen. Jawa Timur merupakan penyumbang terbesar ketiga dalam hal jumlah penjualan mobil di Indonesia. Pada tahun 2014 Jawa Timur memberikan kontribusi sebesar 13,1 persen dari seluruh pasar mobil nasional, dan pencapaian provinsi ini sangat penting dalam menopang perkembangan industri otomotif negara pada akhir tahun 2015 ini, tambah Ahmad.

Pada kesempatan yang sama, GAIKINDO melihat Jawa Timur sebagai provinsi dengan perkembangan ekonomi yang cukup baik dan memiliki potensi untuk terus bertumbuh dan menjadi salah satu daerah pendorong industri otomotif Indonesia. Melalui GIIAS Surabaya Auto Show 2015, GAIKINDO ingin membawa semangat industri otomotif Indonesia untuk terus berkembang ke daerah lainnya yang memiliki potensi selain Jakarta.

Noegardjito, Sekretaris Umum GAIKINDO mengatakan bahwa juga datang dari pemerintah daerah Surabaya, “Pemprov Surabaya memberikan dukungannya terhadap Pameran Otomotif GIIAS Surabaya Auto Show 2015, kami harapkan dapat memberikan dampak postif terhadap pendapatan asli daerah dan mendorong pertumbuhan industri otomotif di Jawa Timur. Kemudian secara keseluruhan dapat memberikan kontribusi positif terhadap penjualan mobil secara Nasional,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa walaupun industri otomotif Indonesia mengalami penurunan sebesar 17,9 persen (Jan – Okt 2015) dibanding periode yang sama tahun lalu, tetapi memiliki peran strategik untuk meningkatkan pendapatan melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di Jawa Timur kontribusi dari sektor otomotif mencapai 63 persen.

Noegardjito juga mengharapkan hadirnya GIIAS Surabaya Auto Show 2015 menjadi wadah bagi masyarakat lokal pecinta otomotif untuk menikmati industri otomotif melalui acara-acara pendukungnya, dimana acara pendukung GIIAS Surabaya Auto Show 2015 juga meliputi berbagai aksi sosial sebagai bentuk kepedulian industri otomotif Indonesia, seperti GIIAS EduCare dan Student’s Day yang akan menyasar generasi penerus negeri.

Pameran yang sudah dibuka kemarin terbukti merupakan pameran yang ditunggu oleh masyarakat Jawa Timur terlihat dari melimpahnya jumlah pengunjung yang mencapai 6.103 pengunjung pada hari pertama dibukanya pameran. GIIAS Surabaya Auto Show 2015 akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 9 hingga 13 Desember 2015 bertempat di Grand City Convention & Exhibition, Surabaya.

Exit mobile version