Pebalap Indonesia Dominasi Podium di SAC 2016 Seri 2

suzuki-asian-challenge-2016-seri-2-2

autonesian.com – Pebalap Indonesia asal Tim Suzuki Indonesia kembali menunjukan prestasinya di lintasan Sirkuit Internasional pada ajang Suzuki Asian Challenge (SAC) 2016 seri 2 yang diadakan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand 6 – 8 Mei 2016 kemarin. Dua pebalap berhasil menjuarai dua race yang diselenggarakan. M. Sapril dan Jefri Tosema tampil memukau dihadapan pebalap negara lain yang menjadi lawan, bahkan mereka berdua tidak memberi kesempatan bagi pebalap tuan rumah untuk mengalahkannya.

Pengalaman pertama bagi ketiga pebalap Indonesia (M. Sapril, Jefri Tosema dan Rizal Feriyadi) merasakan balap di Chang International Circuit, Buriram, Thailand menumbuhkan antusiasme dan semangat tambahan dalam menghadapi balap. M. Sapril memulai balap dari posisi start ke-2 dan Jefri Tosema dari posisi ke-6, namun sangat disayangkan Rizal Feriyadi tidak dapat mengikuti jalannya Race 1 dan 2 dikarenakan mengalami kecelakaan saat sesi Free Practice sehingga tidak dianjurkan untuk terus mengikuti balap oleh tim medis SAC 2016.

Meski hanya berdua mewakili Tim Indonesia, M. Sapril dan Jefri Tosema justru tidak ingin tampil sekedarnya. Mereka ingin membuktikan bahwa Tim Indonesia tetap optimis menjuarai balapan dan akhirnya mereka benar-benar mewujudkan tekad tersebut. Nyali dan skill mereka sebagai pebalap muda terbaik mampu membawa mereka mendominasi jalannya Race 1 hingga menyelesaikan 7 lap dengan hasil menempati posisi juara 1 dan 2.

Baca Juga :  Libur Natal dan Akhir Tahun, Daihatsu Siapkan Posko 24 Jam

“Saya bangga pastinya akan hasil Race 1, dan beberpa kesulitan yang saya alami pada seri Johor lalu dapat saya atasi di Buriram ini, terlebih saat saya tau bahwa mesin akan di ganti ke mesin generasi terbaru Suzuki yakni All New Satria F150 maka saya lebih optimis, karena memang mesin Satria baru injeksi ini sangat besar potensinya dan lebih mudah dari sisi handling,” ungkap M. Sapril (#87), Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia.

suzuki-asian-challenge-2016-seri-2

Kebahagiaan prestasi di Race 1 menambah semangat M. Sapril dan Jefri Tosema untuk kembali tampil menakjubkan di Race 2 (8 Mei 2016). Sedikit berbeda dari Race 1, Jefri Tosema mampu tampil lebih agresif hingga sempat memimpin jalannya balap di putaran awal. Namun karakter tikungan terakhir (R12) Chang International Circuit yang membutuhkan pengalaman khusus menjadi kendala tersendiri bagi pebalap Indonesia yang masih tergolong awam dengan sirkuit ‘Negeri Gajah Putih’ tersebut.

Tekanan terbesar hadir dari pemilik kelasemen poin tertinggi yaitu M. Rozaliman asal Malaysia yang terus memberikan perlawanan bagi pebalap Indonesia. Kejelian M. Rozaliman menaklukan tikungan terakhir pada final lap memperbaiki posisinya hingga akhirnya finish di posisi pertama, M. Sapril dan Jefri Tosema sudah berupaya untuk kembali menempel M. Rozaliman, namun jarak garis finish yang sangat dekat dari tikungan menahan impian mereka untuk menjadi yang terdepan.

Baca Juga :  Pembalap TTI Alinka Hardianti Sabet Waktu Terbaik di Fuji Speedway

Meski demikian selisih waktu saat melintas garis finish sangat tipis hingga akhirnya M. Sapril dan Jefri Tosema secara berurutan menguasai posisi 2 dan 3. Hasil tersebut tetap menempatkan pebalap Indonesia untuk tampil kembali di podium. Kemenangan pada Race 1 dan 2 di seri 2 tersebut jelas didominasi pebalap Indonesia yang secara konsisten menunjukan kemampuannya sehingga layak disegani pebalap dari negara-negara lain.

“Saya banyak mengambil hikmah untuk seri dua di Thailand ini, meski saya sempat memimpin di beberapa lap awal, saya justru lengah di tikungan terakhir, dan semenjak motor balap diganti ke versi terbaru (All New Satria F150) nampaknya pebalap lain jadi bisa lebih mengimbangi saya, kondisi ini menjadi hal baru yang harus lebih saya waspadai untuk seri-seri berikutnya,” tutup Jefri Tosema (#20), Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

HMC Jadi Ajang Asa Kreatifitas Para Modifikator Jakarta dan Tangerang

Next Article

All New BMW X1 Besok Bakal Resmi Meluncur

Related Posts